Suasana perpustakaan FPsi UNM yang terletak di lantai 2 gedung BB
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Sabtu (07/01) - Perpustakaan Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (Makassar) berencana untuk menambah persediaan jumlah buku. Buku yang tersedia hingga saat ini masih 55% memenuhi kebutuhan perkuliahan, sehingga perlu untuk menambah referensi yang cukup banyak dalam waktu dekat.

Berdasarkan hasil dari audit International Organization of Standardization (ISO) menunjukkan bahwa perpustakaan FPsi UNM masih 55% menunjang kebutuhan referensi mahasiswa. "Iya, masih banyak sekali buku yang dibutuhkan di perpustakaan jadi masih mau ditambah referensinya," ungkap Marlina selaku pustakawan FPsi UNM.

Kurangnya referensi di perpustakaan tidak terlalu menghambat proses pembelajaran mahasiswa karena buku-buku yang digunakan oleh dosen sebagai referensi utama sudah tersedia di perpustakaan. Selain itu, Marlina mengaku tidak pernah mendapat keluhan dari mahasiswa karena buku referensi yang dicarinya tidak ditemukan.

Dedi Jursal salah seorang pengunjung perpustakaan FPsi UNM mengungkapkan bahwa jumlah buku yang tersedia kurang menyeimbangi jumlah mahasiswa yang membutuhkan. "Buku di perpustakaan itu, bukan referensinya yang kurang, tapi ada beberapa buku yang sangat kurang jumlahnya sehingga tidak mengimbangi jumlah mahasiswa yang butuh" ungkapnya.

Adapun sumber buku di perpustakaan saat ini ditunjang oleh pemberian buku sebagai syarat pembuatan kartu perpustakaan untuk mahasiswa baru, denda mahasiswa dalam bentuk buku, dan berasal dari anggaran perpustakaan FPsi UNM. Selain itu, pustakawan sendiri sudah melaporkan buku referensi yang masih dibutuhkan kepada pihak birokrasi dan kabarnya akan diperadakan dalam waktu dekat. (RA)

Posting Komentar