Materi Kuliah Umum dengan pembicara Sigit Widodo (Presiden Direktur PT. Fukusuke Kogyo Indonesia) di Aula Prof. Dr. Moh. Thayeb Manrihu, FPsi UNM, Jumat (03/03).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Jumat (03/03) - Kuliah Tamu yang diselenggarakan Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (FPsi UNM)  tidak hanya sebatas kerjasama dengan Kantor Konsuler Jepang di Makassar dalam rangka Nippon Day. Kegiatan ini pada dasarnya memberi pengetahuan segar bagi civitas akademika, khususnya mahasiswa FPsi UNM.

Nippon Day merupakan event yang digelar pemerintah Jepang bekerjasama dengan pemerintah kota Makassar untuk memperkenalkan kebudayaan Jepang. Tak hanya berbagi pengalaman sebagai Direktur PT. Fukusuke Kogyo Indonesia, Sigit Widodo yang merupakan pembicara pada agenda Kuliah Tamu ini juga membagi pengalamannya dari titik nol hingga berhasil sampai ke Negeri Sakura. Salah satu topik yang berkaitan dengan tema Kuliah Tamu "Jepang, Impian Masa Kecilku, Semua Berawal dari Sini" adalah Orenoyume Project yang dibuat oleh Sigit Widodo.

Orenoyume diambil dari bahasa Jepang yang artinya "Mimpiku", dibuat oleh Pria asal Jawa Tengah ini untuk mengajak orang-orang mengenali mimpinya melalui pertanyaan sederhana "Apa impianmu?". Usaha mengetahui impian idealnya dilakukan pada anak-anak, sebab kekhawatiran akan luputnya pertanyaan kecil ini bisa berdampak besar pada target jangka panjang yang dipersiapkan untuk masa depan.

Pria yang mengenyam pendidikan S1 dan S2 di Negeri Sakura ini menjelaskan bahwa impian masa kecilnya adalah ingin bersekolah ke Jepang karena ketertarikannya pada produk mainan pada masa itu yang kebanyakan adalah produksi Jepang. Keberhasilannya mewujudkan keinginan itu diistilahkan pria asal Banjarnegara ini sebagai deja vu impian masa kecil. Ia menambahkan bahwa yang terpenting dari mengenali mimpi adalah langkah-langkah produktif yang akan dilakukan untuk meraih impian itu.

Dekan FPsi UNM, Muh. Jufri menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kantor Konsuler Jepang yang telah membuka ruang bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi. Kegiatan ini sekaligus menjadi kesempatan bagi fakultas untuk menjalin kerjasama lebih jauh dengan Konsuler Jepang di Makassar. (AV)

Posting Komentar