Beberapa mahasiswi FPsi UNM menyaksikan video Psydea di lobi BB FPsi UNM, Rabu (01/03)
Sumber: Dok. Panitia Psydea 2017

Psikogenesis, Jumat (03/03) - Terbentuk sejak bulan Oktober 2016 lalu, kepanitiaan Psychology Idea (Psydea) hingga saat ini terus melakukan upaya dalam menyebarluaskan kegiatan. Baru-baru ini, diketahui salah satu Televisi (TV) yang diletakkan di lobi gedung BB Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) menjadi wadah sosialisasi Psydea sejak Rabu, (01/03).

Sebagai salah satu program kerja di bawah pengawasan Kementerian Pengembangan Potensi (Kemenpensi) Badan Eksekutif Mahasiswa (EBM) Keluarga Mahasiswa (Kema) FPsi UNM, panitia Psydea tak henti-hentinya melakukan sosialisasi terkait kegiatannya. Sosialisasi melalui TV ini sendiri dilakukan sebagai hasil kerjasama dengan Tahir Foundation, yang diperantarai oleh Mudassir Hasri Gani.

Novadri Prasetyo selaku Ketua Panitia Psydea 2017 mengemukakan bahwa TV ini diperadakan sebagai salah satu sosialisasi dalam bentuk media digital. Ia juga menambahkan bahwa konten video yang ditayangkan melalui TV meliputi pengenalan Psydea beserta item-item kegiatannya dan video tentang kekerasan anak yang dianggap sesuai dengan tema kegiatan. "Kita sosialisasi melalui media digital, ada beberapa video yang kita putar kayak perkenalannya Psydea mulai dari item-item, apa temanya dan sebagainya. Terus juga ada video yang kita ambil dari channel youtube nya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang menceritakan tentang kekerasan anak," jelasnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Tyo ini menjelaskan bahwa kurangnya pemahaman dari masyarakat Psikologi UNM terkait kegiatan Psydea menjadi dasar pertimbangan dilakukannya sosialisasi melalui TV. "Karena kemarin kita rasa teman-teman Psikologi masih kurang tau apa itu Psydea, dan alhamdulillah lewat video yang hari pertama kita pasang, banyakmi orang-orang yang kayak mengerti mi apa itu Psydea dan bagaimana temanya," papar Tyo.

Upaya ini rupanya meraih tanggapan positif dari masyarakat Psikologi, salah satunya Nursyamsiar Rasya selaku mahasiswi FPsi UNM. Namun, perempuan yang akrab disapa Siar ini menyayangkan kurang optimalnya sosialisasi yang dilakukan mengingat TV tersebut hanya dipasang tanpa adanya keterangan yang merujuk pada Psydea. "Kalo saya sih responnya positif, untuk memaksimalkan sosialisasi. Tapi alangkah lebih bagus lagi kayaknya kalo dipasangi tanda-tanda kalo itu sebenarnya media sosialisasinya Psydea, semacam stiker, pamflet atau apakah di bawahnya TV, karna kemarin sempat saya kira TV dari fakultas," ungkapnya.

Sebelumnya, beberapa upaya sosialisasi telah dilakukan oleh panitia guna memperkenalkan Psydea beserta tema kegiatannya. Upaya-upaya tersebut meliputi pemasangan spanduk berisi perkenalan Psydea dari bulan Oktober 2016, penyebarluasan informasi kegiatan melalui sosial media hingga pengadaan Idea Store yang tak hanya dijadikan sebagai ajang pencarian dana kreatif. (RH)

Posting Komentar