Ilustrasi wifi
Sumber: google.com

      Wifi kampus adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh Universitas Negeri Makassar (UNM). Meski memiliki peran penting dalam menunjang aktivitas mahasiswa, sarana ini tak lepas dari persoalan.
     Persoalan Wifi kampus kerap kali menjadi keluhan mahasiswa termasuk mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) UNM terutama terkait konektifitas, masalah jaringan, kurangnya titik – titik hotspot hingga masalah log in. Salah satunya adalah Oceng Suhendra mahasiswa angkatan 2013 ini mengeluhkan penyebaran titik hotspot yang tidak merata sehingga menyulitkan mahasiswa mengakses di tempat tertentu. "Di tempat – tempat tertentu ji yang ada, kayak di BM ji, kalau di sekret ku ada mi juga, kalau di BB tidak terlalu lancar ki,” ungkapnya.
Bukan hanya mahasiswa, Muh. Daud selaku Pembantu Dekan II (PD II) Bidang Sarana dan Keuangan FPsi UNM juga mengeluhkan keterbatasan akses Wifi. “Bukan hanya mahasiswa, dosen pegawai juga begitu," ungkapnya. Menanggapi hal tersebut, Daud  mengungkapkan telah menyiapkan penambahan titik-titik hotspot di area Fakultas Psikologi. “Kalau perlu semua mahasiswa bisa akses," Ungkapnya.
    Masalah Wifi kampus kerap kali di keluhkan pihak fakultas kepada Information and Communications Technology (ICT). Biasanya pihak ICT datang mengecek langsung, namun,  belum ada perubahan signifikan yang diberikan. Sebelumnya, pihak ICT selalu menyampaikan ke operator Program Studi (Prodi) bahwa mahasiswa dapat menggunakan Wifi kampus dengan menggunakan NIM dan password yang dapat dilihat pada slip pembayaran.
Zulkifli selaku koordinator jaringan ICT yang menangani masalah Wifi menjelaskan bahwa kendala utama tidak bisa log in internet biasa dikarenakan komputer user yang bermasalah, atau jaringan yang tidak stabil. “Kalau jaringan yang bermasalah di halaman web ada pesan, apakah salah password atau usernya tidak terdaftar atau pesan yang lain dan di halaman log in itu ada info tentang kode akses mana yang digunakan apakah pembayaran semester ganjil atau genap," ungkapnya
     Untuk masalah username yang tidak terdaftar, Zulkifli dari pihak ICT menjelaskan masalah tersebut terjadi jika mahasiswa yang bersangkutan belum membayar SPP. "Makannya kalau ada kasus seperti itu silahkan ke ICT, bawa bukti pembayarannya. Kalaupun valid ada bukti pembayaran yang dia bawa kita akan cek data di bank, apa betul dia sudah bayar atau belum,” jelasnya lagi.
       Zulkifli menjelaskan bahwa Wifi kampus yang ditangani oleh pihak ICT ialah unm.net dan semua fakultas di UNM dapat mengaksesnya. Hanya saja yang menjadi kendalanya ialah terkadang ada fakultas yang membuat atau membeli perangkat tanpa sepengetahuan pihak ICT dan dijamin tidak bisa terkoneksi ke ICT.


Daud selaku PD II FPsi UNM berharap ada penambahan bandwith agar kapasitas jaringan bisa bertambah besar dan bisa diakses oleh seluruh mahasiswa. (010).

Posting Komentar