Contoh Halaman akun E-Learning mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (FPsi UNM)
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Kamis (30/03) - Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali mencoba membuat terobosan baru dalam hal pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) khususnya mata kuliah Psikologi Konsumen yang rencananya dilaksanakan secara online, Kamis (30/03).  

Sayangnya, akibat server yang diperkirakan mengalami kendala, pelaksanaan ujian terpaksa kembali pada pengerjaan manual. "Karena ini sistem yang sangat baru sehingga harus diantisipasi kesalahan teknis seperti sistemnya tidak berjalan dengan baik, internet down, sehingga harus membuat soal manual," ungkap Resekiani Mas Bakar selaku dosen pengampu sekaligus pencetus metode baru tersebut.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa melalui metode ini, pengerjaan dinilai menjadi lebih praktis dibandingkan manual, baik dari skoring maupun evaluasi terkait kinerja dosen pengampu itu sendiri, kecurangan antarmahasiswa seperti menyontek pun juga hampir dikatakan tidak terjadi serta tingkat kesukaran item soal dapat diketahui.  “Selain keuntunggan tersebut pilihan jawabannya pun secara random jadi nda perlu balik kiri kanan. Untuk soalnya kelihatan sukar tidaknya,"  ungkap dosen yang akrab disapa Kiki ini.

Salah satu mahasiswa yang memprogram mata kuliah Psikologi Konsumen, Novadri Prasetio mengaku kecewa atas batalnya ujian online ini, terlebih karena pria yang akrab disapa Tyo ini belum pernah mengikuti UTS secara online. "Kecewa sih padahal saya pribadi belum pernah ujian secara online selama kuliah di psikologi dan menurut penjelasan dari dosen yang bersangkutan apabila kita sudah ujian lansung keluar hasil dan kecil kemungkinan mahasiswa melakukan kecurangan," ungkapnya.

Metode ini sendiri sebelumnya pernah diujicobakan pada tahun ajaran sebelumnya untuk mata kuliah Observasi dan Wawancara. (VR)

Posting Komentar