Pamflet kegiatan Positive Youth 2017
Sumber: Dok. Facebook IndoPositive


Psikogenesis, Senin (20/03) - Salah satu komunitas penelitian dan penulisan artikel ilmiah bernama IndoPositive kembali gelar Positive Youth Project (PYP) 2017 pada hari Kamis-Minggu (27-30/04) mendatang di ATKP Makassar Kabupaten Maros. Tak hanya itu, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan ikut bekerja sama dalam menyukseskan kegiatan PYP kali ini.

Positive Youth Project (PYP) sendiri merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan generasi muda khususnya siswa(i) dari Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mampu melihat berbagai masalah yang terjadi di lingkungan sekitar. Tak hanya sampai disitu, mereka juga akan diajak untuk dapat menemukan solusi kreatif terhadap masalah-masalah tersebut.

Wawan Kurniawan selaku Kordinator Kegiatan, menjelaskan bahwa kerja sama yang terjalin antara IndoPositive dengan HIMPSI dalam melaksanakan kegiatan PYP adalah bentuk visi yang sejalan dengan HIMPSI. "Kita punya visi yang sama yaitu mengembangkan potensi pemuda(i) di kalangan pelajar, sehingga akhirnya HIMPSI bergabung dan bekerja sama untuk menjalankan program ini," tutur pria kelahiran Maret ini.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Wawan ini mengemukakan bahwa dengan mengangkat tema “Literasi Sebagai Gerakan Sosial”, PYP akan mencoba melihat sejauh mana ketersediaan sarana perpustakaan, tingkat minat baca remaja, dan bagaimana keluarga dalam memandang pentingnya minat baca. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan dalam merencanakan solusi atas masalah yang ada. "Setelah mereka memaparkan masalah yang ada, mereka akan lebih banyak diskusi dan fasilitator nantinya akan membantu merancang kegiatannya atau setidaknya mengurangi masalah disekitarnya," paparnya.

Pria lulusan Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (FPsi UNM) tahun 2015 ini berharap dengan persiapan matang yang dilakukan oleh panitia, kegiatan PYP ini dapat terlaksana dengan baik serta dapat menarik perhatian para siswa(i) untuk ikut bergabung. "Semoga persiapan dan kekompakan bisa bergerak sampai akhir pelaksanaan" ungkap Wawan.

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari ini menargetkan peserta dari seluruh SMA Se-SulSel-Bar. Adapun kegiatan ini nantinya akan diisi dengan berbagai agenda meliputi Dialog Kepemudaan, Focus Group Discussion (FGD), Talkshow Alumni PYP 2016, Pertunjukan Seni Budaya, dan Outbound. (BM)

Posting Komentar