Agenda Talkshow Diklat Jurnalistik Dini (DJD) dengan tema "Peran Media Dalam Membentuk Persepsi" di ruang Pola Kantor Bupati Kab. Jeneponto, Minggu (14/05).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis


Psikogenesis, Minggu (14/05) - Usai seluruh agenda lomba berakhir, Diklat Jurnalistik Dini (DJD) 2017 kini telah memasuki acara puncak, yakni Talkshow. Kegiatan yang bertemakan "Peran Media Dalam Membentuk Persepsi" ini dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Kab. Jeneponto pada Minggu, (14/05).

Talkshow kali ini mengundang pembicara yakni Nur Fitriany Fachry selaku Dosen Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (FPsi UNM) dan Rahmat Herdiansya selaku Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar. Talkshow ini sendiri dihadiri oleh 76 siswa yang berasal dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat Se-Kabupaten Jeneponto.

Rahmat Herdiansya menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Psikogenesis yang telah memperkenalkan Jurnalistik kepada para pelajar. "Saya malah mengucapkan terimakasih ya kepada LPM Psikogenesis, karna pers itu stigmanya kan jelek di masyarakat, dengan adanya ini jelas membantu kerja-kerjanya kami, dan kegiatannya ini juga sangat keren," jelas pria yang akrab disapa Anca itu.

Anca menambahkan bahwa agar kedepannya Talkshow tentang Jurnalistik tetap dilaksanakan namun dengan sasaran daerah yang memiliki akses cukup jauh. "Karna biasanya jurnalis abal-abal itu, kebanyakan disitu yang belum diberikan edukasi jadi pemahamannya masih kurang tentang jurnalis," lanjutnya.

Asmar Tahirman selaku Presiden Mahasiswa (Presma) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) FPsi UNM mengungkapkan bahwa Talkshow kali ini sangat luar biasa karena mengangkat tema yang sangat dekat dengan sasarannya, yakni para pelajar SMA/SMK/Sederajat. "Ya karna mengangkat tema yang sangat dekat dengan pelajar, yakni media sosial. Jadi mereka diajar untuk kalau ada berita jangan langsung ditelan mentah-mentah tapi difillter dulu karna banyak berita yang hoax," jelasnya.

Ulfa Dewi Tari selaku salah satu peserta Talkshow yang berasal dari SMA Negeri 6 Jeneponto mengaku sangat senang mengikuti kegiatan DJD 2017. "Iya tambah-tambah teman, banyak juga ilmu yang didapat tentang jurnalis, pers, dan wartawan. Kata-katanya juga gampang dipahami, senang lah pokoknya," jelas salah satu pemenang lomba Mading tersebut.

Talkshow yang dirangkaikan dengan penutupan DJD 2017 dan sekaligus pengumuman pemenang lomba mading, debat, dan fotografi ini ditutup oleh Sri Dian Fitriani selaku Ketua Umum Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Kema FPsi UNM. (NKA)

Posting Komentar