Pamflet konseling individu sebagai rangkaian Harlah 17 Fakultas Psikologi UNM
Sumber: Dok. Harlag 17 Psikologi UNM

Psikogenesis, Selasa (23/05) – Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerjasama dengan Ikatan Psikologi Klinis (IPK) menyelenggarakan Konseling Gratis dalam rangka memeriahkan Hari Lahir (Harlah) FPsi UNM yang ke-17.

Novi Yanti Pratiwi selaku Penanggungjawab kegiatan konseling gratis ini mengungkapkan tujuan diadakannya konseling ini sebagai bentuk rasa peduli dalam meningkatkan kualitas kesehatan mental  seseorang khususnya di kota Makassar. Bentuk konselingnya yaitu konsultasi individual antara klien dan seorang psikolog. 

Psikolog yang juga adalah dosen FPsi UNM yang akrab disapa Novi mengaku antusiasme calon klien dalam mengikuti konseling gratis ini sangat tinggi. Pendaftaran mulai dibuka Rabu, (17/05) dan ditutup pada Jumat (18/05) karena jumlah pendaftar yang membludak. “Saya tidak bisa menghitung berapa klien yang saya tolak,” ungkapnya. Hal tersebut dikarenakan jumlah pendaftar yang sangat banyak tidak sebanding dengan psikolog yang  terlibat dalam proses konseling. Dosen mata kuliah psikologi Klinis ini juga menambahkan bahwa klien yang tidak mendapatkan nomor urut dalam konseling ini bahkan meminta konseling secara pribadi. 

Konseling gratis ini merupakan bentuk kerjasama FPsi dengan IPK yang diikuti oleh 19 orang klien dengan 8 orang konselor dengan background psikologi klinis, psikologi pendidikan, dan psikologi industri organisasi. Konselor tersebut diantaranya Rahmat Permadi selaku Ketua IPK, Andi Budi Rahmat selaku Wakil Ketua IPK, serta Ismalandari Ismail, Siti Anisa Maharani, Ian Alfiani, Tysa Wulandari, Rukyana Noviati, dan Rezky Ariany Aras.

Fadliah Dwi Kumala seorang mahasiswi Universitas Bosowa yang merupakan salah satu klien konseling mengaku sangat senang mengikuti kegiatan konseling tersebut. “Konselingnya sangat membantu, harapannya semoga ada lagi lah,” ungkapnya. (AMY)

Posting Komentar