Logo SNMPTN 2017
Sumber: google.com

Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan serentak pada 26 April lalu. Dari total 1.480 calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus, Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (FPsi UNM) menempati urutan kedua Program Studi (Prodi) dengan pendaftar terbanyak tahun 2017.

Sebelumnya, FPsi menetapkan akan menerima sebanyak 200 mahasiswa baru yang diseleksi melalui tiga jalur penerimaan yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri. Kuota ini meningkat dari tahun lalu yang hanya menerima sebanyak 150  mahasiswa baru. Dari total tersebut, FPsi UNM akan menampung 60 orang pada jalur SNMPTN, 80 pada jalur SBMPTN serta 60 pada jalur Mandiri berdasarkan peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Republik Indonesia No. 126 Tahun 2016 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Tercatat sebanyak 987 pendaftar memilih prodi Psikologi dari total 17.224 pedaftar jalur SNMPTN. Hal ini menempatkan FPsi pada urutan kedua dari 10 Prodi favorit jalur SNMPTN tahun 2017. "Alhamdulillah, artinya Psikologi menjadi magnet, daya tarik bahwa di luar sana direspon positif oleh masyarakat," ungkap Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Ahmad Razak saat ditemui di Ruang Seminar, (28/04).

Lembaga Kemahasiswaan Ambil Andil dalam Kenalkan Psikologi

Berbagai program kerja yang dilaksanakan Lembaga Kemahasiswaan (LK) dianggap sebagai salah satu upaya pengenalan Prodi Psikologi kepada masyarakat. Beberapa event kemahasiswaan yang dilaksanakan di luar kota sepanjang tahun 2016-2017 antara lain Psychology In Action (PIA) di Kabupaten Bantaeng, Kemah Bakti Lingkungan Hidup (KBLH) di Kabupaten Barru serta Diklat Jurnalistik Dini yang baru-baru ini dilaksanakan LPM Psikogenesis di Kabupaten Jeneponto.
Pembantu Dekan III membenarkan bahwa LK bersumbangsih dalam upaya mengenalkan Fakultas Psikologi melalui kegiatan kemahasiswaan. Dosen Psikologi Agama ini juga menambahkan bahwa kerja-kerja lembaga yang produktif patut dihargai. "Kerja lembaga itu sangat kita hargai seperti PIA kemarin di Bantaeng, sehingga jangan lagi mahasiswa berbuat anarkis yang bisa merusak citra," tambahnya.

Hal senada diutarakan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM Kema) FPsi UNM, Asmar Tahirman. Mahasiswa angkatan 2014 ini mengungkapkan bahwa beberapa event kemahasiswaan yang digelar mampu menarik minat masyarakat untuk melanjutkan studi di bidang Psikologi. "Beberapa kegiatan yang dilakukan diluar makassar pasti menjadi daya tarik untuk masuk di psikologi seperti PIA di Bantaeng, KBLH di Barru, DJD di Jeneponto," ungkapnya.

Selain menempati urutan kedua prodi dengan jumlah pendaftar terbayak jalur SNMPTN, FPsi menempati urutan kelima dari 10 prodi favorit UNM untuk  jalur SBMPTN 2017. (AV)

Posting Komentar