Pamflet Permata UNM-UNNES
Sumber: Dok. FPsi UNM


Psikogenesis, Senin (10/07)- Program Pertukaran Mahasiswa antara Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Program Studi (Prodi) Psikologi Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang kini beralih nama menjadi Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (Pernata) kembali dilaksanakan. 

Program pertukaran yang telah berlangsung sejak tahun 2011 kini telah memasuki angkatan ke enam. Tidak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini FPsi UNM akan mengirimkan perwakilan mahasiswa/mahasiswi sebanyak lima orang.

Proses pemilihan mahasiswa yang akan dikirim ini terlebih dahulu harus memenuhi empat syarat yang ditetapkan. Adapun syarat yang harus dipenuhi ialah merupakan mahasiswa angkatan 2016, memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.0, membuat esai tentang budaya Sulawesi Selatan (Sulsel), dan mengisi formulir pendaftaran.

Setelah memenuhi persyaratan, calon mahasiswa pertukaran ini akan melalui dua tahap seleksi, yakni seleksi berkas esai dan Curriculum Vitae (CV) dan yang kedua adalah presentasi esai dalam bentuk wawancara tanya jawab. “Jadi sebenarnya kan dia presentasi juga begitu tapi dalam bentuk tanya kenapa kau tulis, apa isinya, dan seterusnya,” jelas Ahmad Razak selaku Pembantu Dekan III (PD III) Bidang Kemahasiswaan. Untuk saat ini, telah terpilih tujuh calon mahasiswa pertukaran yang telah melewati kedua tahap tersebut.

Selanjutnya, ketujuh calon mahasiswa pertukaran tersebut hanya perlu menunggu pengumuman terkait siapakah yang lulus menjadi lima mahasiswa terpilih yang akan berangkat ke UNNES. Ahmad Razak mengungkapkan bahwa secepatnya akan mengeluarkan  pengumuman terkait kelima mahasiswa/i tersebut. “Hari kamis atau jumat prediksinya toh. Jadi nanti kalo sudah ada pengumuman mungkin kita panggil lagi untuk briefing. Tanggal keberangkatannya belum tau kapan, biasanya September,” tuturnya. (FY)

Posting Komentar