Salah satu sesi pemberian materi pada Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) 2016. Pada Jumat, (28/10/16) di Aula MTM F.Psi UNM.













Psikogenesis, Selasa (04/07)- Rencana pengadaan kelas jauh cabang Pare-pare Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah resmi dibuka. Kelas jauh yang di peruntukkan mulai dari mahasiswa baru (Maba) angkatan 2017 FPsi UNM tersebut menimbulkan pertanyaan mengenai status keanggotaan serta pola pangaderan yang akan dilakukan terhadap mereka.

Menilik Anggaran Dasar (AD) Keluarga Mahasiswa (Kema) FPsi UNM yang tertuang dalam Bab 1 Pasal 3 menjelaskan bahwa Kema FPsi UNM bertempat di Kampus Gunung Sari Baru UNM. Hal ini dibenarkan oleh Muh. Wija Hadi Perdana selaku Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kema FPsi UNM terpilih periode 2017-2018. Wija mengungkapkan bahwa yang dapat mengikuti pengaderan dasar di lingkup Kema FPsi UNM hanya anggota Kema di lingkup Kampus Gunung Sari Baru UNM. "Karena telah diatur dalam Anggaran Dasar Bab 1 Pasal 3 tentang pengaderan Kema yang bertempat di kampus Gunung Sari Baru UNM", ungkapnya.

Mengingat kelas jauh Cab. Pare-pare tidak berada pada lingkup Kema FPsi UNM, aturan terkait pengaderan 3+1 nampaknya akan sulit untuk diterapkan. Pengaderan 3+1 merupakan pengaderan dasar yang terdiri dari Orientasi Kemahasiswaan dan Kelembagaan (REAL), Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM), dan Psychochamp, serta satu pengaderan peminatan oleh Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) Kema FPsi UNM yang menjadi syarat untuk berlembaga di lingkup Kema FPsi UNM.

Terkait dengan pengawalan Maba dalam keterlibatan berlembaga di lingkup Kema FPsi UNM, mahasiswa yang akrab disapa Wija ini menuturkan jika hal tersebut belum dibahas lebih lanjut pada tataran Kema sehingga ia belum dapat memastikannya lebih jauh. (NFA)

Posting Komentar