Foto Bersama Pengurus Maperwa Kema F.Psi UNM Priode 2016-2017
Sumber: Dok. Maperwa Kema FPsi UNM periode 2016-2017

Psikogenesis, Senin (10/07)- Ketua Umum Terpilih Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM), Muh. Farid Syahrir telah melayangkan surat penyampaian kepada Muhammad Jufri selaku Dekan FPsi UNM pada Jum'at (07/07) lalu. Sebelumnya, Jufri telah menegaskan bahwa tak akan melantik apabila tidak memenuhi syarat administrasi, yakni memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3,00.

Surat yang ditujukan langsung kepada Dekan FPsi UNM berisi tentang penjelasan kronologis hingga dirinya terpilih menjadi Ketua Umum Maperwa Kema FPsi UNM periode 2016-2017. Salah satu alasan mengapa Farid dianggap lulus administrasi ialah karena pada saat pembahasan Undang-undang (UU) Pemilihan Umum (Pemilu) Kema FPsi UNM, ditetapkan bahwa syarat IPK hanya sebesar 2,75 dikarenakan peraturan LK UNM yang baru belum turun ketika UU Pemilu ditetapkan. Peraturan LK UNM sendiri keluar pada Rabu (19/04), sedangkan penetapan UU Pemilu Kema FPsi disahkan pada Selasa (28/03).

Pada semester V, IPK yang dimiliki Farid tidak memenuhi syarat sebagaimana yang tertuang dalam peraturan Lembaga Kemahasiswaan (LK) Bab VI Pasal 15 ayat 1 tentang kepengurusan dan keanggotaan organisasi kemahasiswaan. Pria kelahiran Makassar ini pun menunggu keluarnya nilai pada semester VI untuk memastikan bahwa ia memenuhi syarat untuk dilantik sebagai Ketua Umum Maperwa Kema FPsi UNM periode 2017-2018.

Namun, pada semester VI, nilai yang keluar tetap tidak dapat memenuhi syarat yang diajukan, sehingga Farid memutuskan untuk melayangkan surat penyampaian kepada Dekan FPsi UNM. "Dua koma sembilan satu nilaiku setelah kubuang kepribadian (Baca : Mata Kuliah Psikologi Kepribadian) ku," jelasnya.

Lebih jauh, mahasiswa angkatan 2014 ini berharap dengan surat yang ditembuskan, pihak Fakultas akan memberikan ruang kepada Ketua Umum Maperwa Kema FPsi UNM dengan berbagai pertimbangan yang telah dipaparkannya. "Harapanku ya pakde (baca: pak dekan) mau mengerti tentang kondisinya Maperwa sekarang," jelasnya lagi.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Fakultas belum memberikan jawaban terhadap sikap yang diambil oleh Ketua Umum terpilih Maperwa Kema FPsi UNM. (BM)

Posting Komentar