Pengumuman penutupan layanan skripsi yang ada di Perpustakaan lt. 2 FPsi UNM.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Minggu (29/10)-Terhitung sejak Senin (21/08), layanan skripsi yang berada di perpustakaan Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi ditutup untuk sementara waktu. Penutupan layanan ini akan berlangsung selama satu tahun untuk menghindari kecurangan dalam penggarapan skripsi.

Ketika ditemui di ruangannya, Asniar Khumas selaku Pembantu Dekan I (PD I) Bidang Akademik mengungkapkan bahwa beberapa waktu belakangan ini, ia menemukan banyak mahasiswa yang melakukan salin-rekat pada Bab I dan Bab II dalam pembuatan skripsi. "Kita tidak boleh mengambil tulisan orang di dalam (baca: Skripsi) kalau kita tidak mencari referensi aslinya. Apa yang sudah na baca orang kau kasih pindah di skripsi mu, itu membuat kalian jadi malas," jelasnya.

Sri Haerana Halik, mahasiswi angkatan 2015 ini beranggapan bahwa ditutupnya layanan skripsi tersebut akan menyulitkan mahasiswa yang memiliki tugas dengan referensi dari skripsi. "Andai tidak ada ji tugas ta yang disuruh ki lihat di skripsi, ndak masalah ji iya," tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, dosen yang akrab disapa Niar ini menjelaskan bahwa terdapat ringkasan skripsi yang telah disediakan untuk memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan tugas. "Kan ada ringkasannya, yang tidak boleh itu skripsi, ringkasannya kan boleh dilihat," tegasnya.

Lebih jauh, Dosen asal Parepare ini juga menambahkan bahwa dengan ditutupnya layanan skripsi untuk sementara waktu, diharapkan dapat membuat mahasiswa lebih rajin dan kreatif. "Semua kebijakan kami itu untuk meningkatkan kualitas, tidak ada itu arahnya untuk memberatkan kalian," tambahnya. (NRL)

Posting Komentar