Talkshow "Kekerasan Seksual Pada Anak" yang dibawakan oleh Novita Maulidya Djalal dalam rangkaian Festival MYCA 2017 di Rumata' Art Jl. Bontonompo Makassar, Sabtu (28/10).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Sabtu (28/10)-Aliansi Komunitas Sosial Anak Indonesia (AKSI TA') menyelenggarakan Talkshow dengan mengangkat tema Kekerasan Seksual Anak (KSA) sebagai rangkaian dari Festival Makassar Youth Collaborative Action 2017 (MYCA 2017) yang dilaksanakan di Rumata' Art Jln. Bontonompo Makassar pada Sabtu (28/10). 

A. Retno Budiarty sebagai peserta Talkshow dari komunitas Aliansi Remaja Independen Sulawesi Selatan (ARI Sul-Sel) mengaku bahwa Talkshow mengenai KSA ini sangat menarik, terutama untuk pemahaman isu tentang KSA yang dianggap paling bermasalah di Indonesia. "Kami pun (baca: ARI Sulsel) sebagai komunitas anak dan remaja masih banyak kekurangan terkait ilmu-ilmunya dan mungkin di sini ada beberapa pertanyaan-pertanyaan yang cukup terjawabkan," ujarnya.

Lebih jauh, ia berharap agar ada follow up dari kegiatan ini dengan membuat sebuah program yang kemudian diajukan ke lembaga sehingga dapat membantu sampai ke skala nasional. "Bukan hanya penyampaian ilmu saja tapi ada aksinya," lanjutnya.

Husain Anandtama selaku Ketua Tim Penyelenggara MYCA 2017 menjelaskan bahwa kasus KSA yang semakin meningkat menjadi alasan diangkatnya tema tersebut dalam Talkshow yang dibawakan oleh Novita Maulidya Djalal. "Jadi ini kami rasa penting untuk bagaimana sih perannya pemuda kira-kira apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah atau mungkin mengobati anak-anak yang menjadi korban kekerasan seksual," jelasnya.

Lebih jauh, mahasiswa yang akrab disapa Husain ini berharap agar ilmu yang didapatkan oleh komunitas sosial anak Kota Makassar yang hadir selama Talkshow berlangsung dapat disampaikan dan diaplikasikan ke komunitas masing-masing. "Dan untuk jangka panjangnya bisa mereduksi atau mengurangi angka kekerasan seksual pada anak," harapnya. 

Komunitas sosial anak yang hadir selama kegiatan berlangsung antara lain ARI Sulsel, Aksi Kita, Sobat Lembaga Mitra Ibu dan Anak (Sobat Lemina), Forum Anak Sulawesi Selatan (FAS), Lemaga Kajian Peduli Anak dan Remaja Celebes (LKPARC), Sekolah Kaki Langit (SKL), Komunitas Pecinta Anak Jalanan (KPAJ) dan Children Care Community Makassar (3CM). (SZ) 

Posting Komentar