Suasana perpustakaan FPsi UNM yang terletak di lantai 2 gedung BB
Sumber : Dok. LPM Psikogenesis


Psikogenesis, Selasa (17/10)-Mahasiswa Baru (Maba) kelas Parepare Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) kesulitan mengerjakan tugas-tugas dari dosen lantaran belum adanya akses buku psikologi di kampus V Parepare.

Salah satu Maba berinisial AY menjelaskan bahwa kendala yang paling berat saat ini ialah tidak adanya ketersediaan buku-buku psikologi, sehingga menyulitkan baginya untuk menyelesaikan tugas. "Kalau ada tugas disuruh ki cari referensi dari perpus (baca: Perpustakaan), nah tidak ada buku psikologi," ungkapnya saat dihubungi via media sosial Whats App.

Lebih lanjut, AY menjelaskan bahwa solusi untuk menyelesaikan tugas yakni mencari materi di internet, meski tidak selamanya tugas yang diberikan dapat diselesaikan dengan berselancar di internet, sehingga maba harus mencari di toko buku. "Itu tugas ta tidak selamanya ada semua di internet. Jadi harus cari toko buku atau pergi ke perpustakaan daerah," jelasnya.

Untuk itu, Maba kelas Parepare harus menempuh jarak kurang lebih empat kilometer menggunakan Angkutan Kota (Angkot) untuk sampai ke Perpustakaan Daerah. "Itu susahnya kalau tidak ada kendaraan kak, baru angkot disini jarang sekali," terangnya.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa ia tidak diperkenankan untuk meminjam buku dari Perpustakaan Daerah sebelum menjadi anggota terlebih dahulu, dan untuk menjadi anggota harus memiliki KTP domisili Parepare. "Difoto saja bukunya karena tidak bisa dipinjam kalau tidak masuk anggota, terus mau ki bikin kartu anggota nah harus pi KTP (baca: Kartu Tanda Penduduk) Parepare," bebernya.

Kedepannya, ia pun berharap agar pasokan buku-buku psikologi yang telah dijanjikan oleh pihak fakultas dapat cepat terealisasikan berdasarkan pertemuan dengan Pembantu Rektor (PR). (BM)

Posting Komentar