Kunjungan Media ke Harian Fajar di Gedung Pena Building, Jl. Urip Sumohardjo No. 20, Pampang, Kec. Makassar, Minggu (12/11).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Senin (13/11)-Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Psikogenesis telah melaksanaka Diklat Jurnalistik X (DJ X) pada Jumat-Minggu (10-12/11) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Amkop, Jl. Meranti no. 1, Makassar.

Kegiatan yang bertema "Shut Down Democrasick" ini pun diikuti oleh 39 peserta yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (FPsi UNM) angkatan 2015, 2016, dan 2017, mahasiswa pertukaran Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang (FIP Unnes), serta mahasiswa jurusan Sastra Inggris Universtas Muslim Indonesia (UMI).

Kegiatan ini pun tak hanya diisi dengan pemberian materi saja. Para peserta juga diajak untuk melakukan kunjungan media ke galeri foto Antara, stasiun TV Celebes, dan Harian Fajar. Tak hanya itu saja, peserta diberikan pelatihan khusus dalam agenda On the Job Training agar mereka merasakan langsung euforia menjadi seorang jurnalis yang sesungguhnya.

Arya Hidayat Syam selaku Ketua Panitia mengungkapkan bahwa peserta sangat antusias dan menikmati setiap kegiatan, terutama ketika kunjungan media berlangsung. "Ketika di Celebes itu kalau ndak dipancing (baca: untuk menyelesaikan kegiatan) boleh jadi mereka terus bertanya," jelasnya.

Nurul Fajriah, peserta yang berasal dari UMI ini pun sangat senang bisa mengikuti DJ X LPM Psikogenesis. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan. "Kegiatan ini betul-betul bermanfaat, dia (baca: panitia DJ X) betul-betul mengundang orang yang dari pers, yang tingkatnya sudah tinggi," ungkapnya.

Senada dengan hal tersebut, Siti Rodhatul Jannah sebagai peserta dari pertukaran mahasiswa FIP Unnes pun mengaku senang dan tertarik mengikuti DJ X. Menurutnya, materi yang diberikan sangat bermanfaat karena diimbangi dengan praktik yang dilakukan. "Ada materi yang disampaikan, tapi juga langsung ada praktik, jadi kita bisa tau gimana sih dunia jurnalistik itu. Ya pengalaman baru yang sangat berkesan sih," tandasnya. (NRL)

Posting Komentar