Anak-anak di Kantor Desa Baturappe membaca dan berbagi cerita bersama mahasiswa(i) Fakultas Psikologi UNM, Selasa (26/12).
Sumber : Dok. LPM Psikogenesis



Psikogenesis, Rabu (27/12)-Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) melalui program kerja Psychology In Action (PIA) di bawah Kementerian Pengabdian Masyarakat (Kemenpema) akan membangun Perpustakaan di Desa Baturappe, Kec. Biringbulu, Kab. Gowa.

Menteri Pengabdian Masyarakat (Menpema), Dedi Erwansa menargetkan bahwa selama tiga bulan ke depan perpustakaan di depan kantor Desa Baturappe akan rampung. Sebelumnya, telah dilakukan Focus Group Discussion (FGD) pada Selasa (26/12) untuk menggali minat baca yang d masyarakat Desa Baturappe. "Disini FGD nya untuk menggali permasalahan minat bacanya di sini, apa sebenarnya yang kurang untuk remaja," ungkapnya.

Mahasiswa asal Bulukumba ini juga berharap agar remaja SMA dan SMP yang berada di kawasan Desa tersebut dapat berpartisipasi menjadi pengurus perpustakaan. Kemudian selanjutnya akan dilakukan follow up dari BEM Kema FPsi UNM. "Bakalan dibuatkan grup WA (baca: WhatsApp) untuk kontrol mereka (baca: pengurus perpustakaan)," ungkap mahasiswa angkatan 2014 tersebut. 

Murdani, siswa SMA Muhammadiyah Biringbulu yang merupakan salah satu bakal pengurus perpustakaan mengungkapkan bahwa sangat penting meningkatkan minat baca terkhusus di kampungnya karena masih banyak remaja SMP bahkan SMA yang tidak mampu membaca. "Banyak anak-anak SMP bahkan SMA itu belum bisa membaca," jelasnya.

Menurutnya, hal tersebut disebabkan oleh lingkungan yang tidak memadai untuk membaca. Ia pun merespon baik niat dari BEM Kema FPsi UNM yang ingin membangun perpustakaan. (BM)

Posting Komentar