Husain Syam selaku Rektor UNM turun berdialog saat aksi di depan gedung menara Pinisi UNM, Jl. A.P. Pettarani, Rabu (07/02).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis


Psikogenesis, Kamis (08/02)- Aksi oleh Lembaga Kemahasiswaan (LK) dalam rangka Orange Menggugat yang menuntut pemecatan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) dan Pencopotan Rektor Otoriter dilaksanakan di depan gedung menara Phinisi Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Rabu (07/02) ini, membuat Husain Syam selaku Rektor UNM angkat bicara.

Dalam dialognya, Husain Syam mengungkapkan bahwa ia telah melakukan komunikasi dengan Kemenristek Dikti terkait hal ini. “Oleh karena itu, tidak mungkin. Anda saya harus kasih tau bahwa saya bukan pada wilayah yang bisa mencabut peraturan menteri,” ujarnya.

Dengan peraturan Menristek Dikti no. 39 ayat 7 tahun 2017 yang sudah mengatakan bahwa tidak ada pembiayaan Perguruan Tinggi Negeri kepada KKN, ia menjelaskan bahwa telah mengupayakan pengurangan pembiayaan tersebut dengan semua pembiayaan-pembiayaan yang ada, berusaha tidak ia kenakan kepada semua mahasiswa. "Nah, ada bagian-bagian yang tertentu yang harus memang tidak perlu mahasiswa bayar supaya ringan pembayarannya. Tapi tidak mungkin kita mencabut karena itu karena kalau saya mencabut, berarti saya masuk jurang," jelasnya.

Ia melanjutkan bahwa mahasiswa KKN itu hanya membayar jaket dan biaya transportasinya. Mengenai biaya pembekalan, biaya di lokasi dan biaya yang dikeluarkan pada saat supervisi semua UNM yang tanggung. “Artinya apa, sudah luar biasa sekali ini nah jadi untuk mencabut peraturan ini tidak mungkin,” lanjutnya.

Lebih jauh, ia mengaku bahwa hal ini berbeda dengan SK terkait larangan mahasiswa baru (maba) berlembaga karena dirinya yang mengeluarkan kebijakan tersebut. Sementara untuk hal ini, ia tidak akan mencabutnya sebab bukan dirinya yang membuat. Ia kemudian menambahkan apabila ia mencabut peraturan tersebut, ia akan masuk penjara. “Begitu saya melanggar menggunakan keuangan yang ada tidak sesuai dengan keperuntukannya, maka saya pasti ditangkap,” tandasnya. (SZ)

Posting Komentar