Pamflet coming soon bulan konstitusi
Sumber: Kemensospol BEM Kema FPsi UNM

Psikogenesis, Jumat (16/02)-Bulan Konstitusi, salah satu program kerja (proker) Kementerian Sosial dan Politik (Kemensospol) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan perdana dilaksanakan pada Maret 2018.

Wahyu Setiawan selaku Menteri Sosial Politik (Mensospol) BEM Kema FPsi UNM mengungkapkan bahwa pelaksanaan Bulan Konstitusi ini seharusnya dilaksanakan pada minggu kedua Februari 2018. Namun, karena pertimbangan agenda yang akan bertabrakan, akhirnya kegiatan tersebut diundur hingga minggu kedua Maret 2018. "Sebenarnya kan minggu kemarin harusnya dilaksanakan Bulan Konstitusi. Nah sekarang ada TC (baca: Training Camp), nanti ada lagi LDKM (baca: Latihan Dasar Kepemimpinan), nanti ada lagi PIA (baca: Psychology In Action). Nah sementara Bulan Konstitusi itu mengambil hari Sabtu hingga Minggu jadi kendalanya ada disitu," ungkapnya.

Mahasiswa angkatan 2015 ini menambahkan bahwa Bulan Konstitusi ini merupakan bentuk lain dari Sekolah Legislatif. Berbeda dengan Sekolah Legislatif yang pelaksanaannya padat yaitu dari hari Jumat hingga Minggu, waktu dari pelaksanaan Bulan Konstitusi ini akan lebih dilonggarkan hingga satu bulan dan dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu di setiap pekannya, dimana akan ada dua materi setiap pekan dengan topik yang sama, namun dengan variasi yang berbeda. "Akan ada materi yang sifatnya seperti pelatihan yang memang praktek yang dilakukan," tuturnya.

Wahyu turut menjelaskan bahwa tujuan diadakannya Bulan Konstitusi ini mengacu pada rekomendasi yang berbunyi untuk meningkatkan kapasistas anggota Kema dalam hal pemahaman aturan. Serta bagaimana kesadaran hukum seluruh masyarakat Kema terkhusus pengurus Lembaga Kemahasiswaan (LK) yang ada dapat ditingkatkan agar lebih paham aturan dan dapat diimplementasikan ke dalam kehidupan berlembaga, bermasyarakat di Psikologi dan juga bernegara. "Karena ada materi konstitutsi yang bersifat umum atau bersifat luas," ungkapnya.

Sasaran dari kegiatan ini, apabila mengacu pada pembahasan di rapat kerja (raker) BEM Kema FPsi UNM, ialah untuk umum. Namun lebih jauh, akan dilihat bagaimana antusiasme dari masyarakat umum. "Istilahnya akan dilihat nanti perkembangannya berapa yang kemudian tertarik. Kalau cuma satu dua orang kemungkinan akan dibuat khusus saja untuk Kema tapi kalau misalnya banyak yg tertarik itu akan dibuka untuk umum," tambahnya.

Lebih jauh, ia turut menjelaskan pendaftaran untuk Bulan Konstitusi ini akan dibuka pada 2 minggu sebelum kegiatan. (SZ)

Posting Komentar