Suasana Rumah Baca Pustaka Cinta Damai
Sumber: Dok. Mahasiswa FPsi Parepare

Psikogenesis, Jumat (23/02)-Menjawab permasalahan mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) kelas Parepare terkait kurangnya referensi saat mengerjakan tugas, Asniar Khumas selaku Pembantu Dekan 1 (PD 1) Bidang Akademik FPsi UNM inisiasi pendirian rumah baca atau perpustakaan.

Rumah baca tersebut dinamai Rumah Belajar Pustaka Cinta Damai dan dibuka pada Sabtu (10/02) lalu. Lokasinya di Jl. Jenderal Sudirman, Kota Parepare.

Dosen yang akrab disapa Niar tersebut mengungkapkan bahwa tempat yang dijadikan rumah baca adalah rumah miliknya yang sudah lama tidak dihuni. Buku-buku yang ada di rumah baca tersebut ialah buku-buku pribadi milik Asniar, dan beberapa sumbangan buku dari dosen FPsi UNM. “Itu saya punya rumah tidak dipakai, terus ya buku-buku saya semua kesana,” ujarnya.

Terkait pengelolaannya, Dosen Kode Etik Psikologi ini telah menyerahkannya secara penuh kepada mahasiswa FPsi UNM kelas Parepare. Niar juga berharap nantinya di dalam rumah baca tersebut selain terdapat perpustakaan, juga ada kegiatan seperti kajian dan study club.

Salah seorang mahasiswa FPsi UNM kelas Parepare, Nur Rahma Abdullah menuturkan bahwa terkait dengan kelengkapan buku di rumah baca tersebut belum terlalu lengkap. Namun, mahasiswi yang kerap disapa Rahma ini memuji fasilitas rumah baca yang di dalamnya terdapat kursi, kamar dan dapur.

Lebih jauh, mahasiswi asal Gowa tersebut berharap agar ke depannya di rumah baca akan ada lebih banyak buku, fasilitas semakin lengkap, banyak pengunjung dan programnya terlaksana. “Semoga makin bagus, makin banyak buku, lengkap fasilitasnya, banyak yang kunjungi dan terlaksana programnya,” tutup Rahma. (AL) 

Posting Komentar