Agenda pelatihan siswa SMA di SMP 4 Desa Baturappe, Kec. Biringbulu, Kab. Gowa pada Sabtu (24/02)
Sumber: Dok. Pribadi Volunteer PIA

Psikogenesis, Selasa (27/02)-Psychology in Action (PIA), program kerja (proker) Kementerian Pengabdian Masyarakat (Kemenpema) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah memasuki bulan ke-5 sejak pertama kali dilaksanakannya.

Sebelumnya pada pemberangkatan ke-3 di bulan Desember lalu, telah dilaksanakan pelatihan pertama kepada siswa-siswa SMA yang diharapkan akan melanjutkan pengabdian di rumah baca yang sementara dalam proses pembangunan. 

Pada Sabtu (24/02) lalu, pelatihan dilakukan dengan sistem indoor di SMP 4 Biringbulu dengan pemberian materi "Meningkatkan Minat Baca" yang kemudian dilanjutkan dengan Focus Discussion Group (FGD) dengan tema "Merancang Program Kerja".

Ana Fitriana, Sekretaris Kemenpema BEM Kema FPsi UNM menjelaskan bahwa akan ada proyek sosial yang diselesaikan oleh peserta pelatihan, sehingga pada hari Minggu (25/02) dilaksanakanlah peltihan outdoor atau Outbond untuk melatih kemampuan mereka agar nantinya dapat menyelesaikan proyek dan melanjutkan rumah baca. "Karena mati ki nanti rumah baca kalo tidak ada ki, jadi itu mi yang mau dicari penerusnya, supaya mereka tau langkah-langkah apa yang mereka lakukan untuk rumah baca," jelasnya.

Outbond sendiri terdiri dari lima permainan, yakni Spider Web, Human Train, Keep the Egg, Tali Kusut, dan Games Lilin. Peserta Outbond sendiri berjumlah 27 siswa yang terdiri dari SMA Muhammadyah Biringbulu dan SMA Daarul Muttaqin.

Ayuandira, salah satu peserta Outbond menjelaskan bahwa dalam setiap games, mereka diajarkan tentang sebuah kesabaran dan diharapkan untuk berdiskusi dahulu sebelum mengerjakan sesuatu. Lebih jauh, ia pun berharap agar dalam pembangunan Rumah Baca, kelekatan antar peserta dan Volunteer PIA dapat terjalin lebih baik lagi. "Semoga ada juga yang mengajar mengaji nantinya, karena disini kurang sekali yang itu (baca: mengaji) kak," harapnya. (NRL)

Posting Komentar