Pensil dengan tema "Kualitatif dan Indigenous" oleh Kurniati Zainuddin, S.Psi., M.A. yang diselenggarakan oleh Departemen Penelitian dan Pengembangan Psikologi Islam FSI FPsi UNM di Baruga Psikologi, Kamis (08/02).

Psikogenesis, Kamis (15/02)-Peserta Penelitian Psikologi Islam (Pensil) yang merupakan program kerja dari Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Psikologi Islam, Forum Studi Islam (FSI) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) siap untuk melakukan penelitian setelah menerima dua kali materi yang bertema "Penelitian Kualitatif dan Indigenous" dan "Penelitian Kuantitatif dan Eksperimen".

Berdasarkan matriks, Pensil sendiri dilaksanakan hanya dua kali materi. Pada selasa (13/02) lalu merupakan materi terakhir dengan tema "Penelitian Kuantitatif dan Eksperimen" yang dibawakan oleh Tri Sugiarti selaku salah satu dosen mata kuliah Psikologi Kualitatif FPsi UNM. "Kalau di matriks itu materi dari pensil sendiri ada dua kali ji materi, setelah itu mulai mi penelitian, terserah kelompok yang terbentuk kapan mulai penelitian". Ungkap Zhafira Mardatillah selaku Koordinator Departemen Litbang FPsi UNM.

Sejak open recruitment pada Oktober hingga Desember lalu, ada dua 25 orang yang menjadi peserta pensil. Ke-25 orang ini merupakan mahasiswa FPsi UNM angkatan 2016, 2015, 2014, 2013, 2012 dan teridiri dari lima kelompok. "Jadi dari angkatan 2016 sampai 2012 ada pesertanya," ungkap mahasiswi yang akrab disapa Zhafira ini.

Untuk saat ini,  antusias peserta sendiri belum terlihat tinggi dikarenakan materi Pensil dimulai pada awal memasuki kuliah semester genap sehingga ide-ide untuk penelitian masih sangat kurang. "Kan mulai materi itu pas masuk kuliah jadi masih belum terlalu ribut pi di grup untuk ide-ide penelitian," ungkapnya.

Setelah mengikuti materi, kelompok internal Pensil akan mulai mendiskusikan ide-ide penelitian bersama pendamping. Adapun pendamping Pensil sendiri terdiri dari lima orang yang merupakan dua alumni FPsi UNM dan tiga orang mahasiswa aktif FPsi UNM. "Terus kalau misalkan ada mi topik penelitian toh yang mau difokusi dalam tiap kelompok itu nanti dikasi dosen pembimbing yang sudah dimintai kesediaannya untuk membimbing penelitian," tambahnya. (ASM)

Posting Komentar