Bayu Ramadhan Parepare, 22 Januari 1996 Ilmu Administrasi Negara FIS UNM.
Sumber: Dokumen Pribadi Bayu Ramadhan

Psikogenesis, Jumat (30/03)-Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) ciptakan lagu “Sembilan Mata Orange” sebagai pelecut semangat Lembaga Kemahasiswaan (LK) Universitas Negeri Makassar (UNM).

Bayu Ramadhan menjelaskan bahwa lagu tersebut berawal dari sebuah puisi yang ia ciptakan kala LK UNM terbentuk yang sebelumnya sempat vakum selama dua tahun. “Jadi itu lagu Sembilan Mata Orange sebenarnya puisi, puisi itu saya tulis bertepatan dengan momen terbentuknya LK UNM (Baca: Maperwa-BEM) tahun lalu,” jelasnya saat di hubungi via Whatsapp.

Bentuk keresahannya menulis sebuah puisi berawal dari debat kandidat Calon Presiden (Capres) BEM UNM yang membincangkan terkait bersatunya kembali sembilan mata orange dalam pengawalan isu-isu seputar kampus. “Waktu debat capres BEM UNM itu, saya dengar kedua capres bilang akan mengusahakan sembilan mata orange bersatu dan orange kan Pettarani, jadi itu yang menjadi inspirasi saya membuat puisi,” ungkap pria asal Parepare ini.

Lebih jauh ia menjelaskan, bahwa bait puisinya pun dibaca oleh kerabatnya dan disarankan untuk di jadikan sebuah lagu. “Teman saya yang namanya Paedar Sawal yang buat nadanya, waktu itu di sekretariat Himagara, sampai lagu itu seperti yang didengar sekarang,” terangnya 

Ia pun berharap, dengan terciptanya lagu dan puisi tersebut menambah amunisi semangat LK UNM dan Sembilan Mata Orange dalam melawan segala bentuk penindasan. “Semoga Sembilan Mata Orange bersatu dan konsisten dalam melawan segala bentuk penindasan, serta menjadi pelecut semangat bagi kawan-kawan yang mendengar dan menyanyikannya,” harapnya. (BM)

Posting Komentar