Sambutan oleh Pratiwi Alimuddin selaku Ketua Umum Maperwa Kema FPsi UNM  sekaligus membuka kegiatan Bulan Konstitusi di Baruga Psikologi UNM, Kamis (15/03).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis


Psikogenesis, Sabtu (17/03)-Bulan Konstitusi yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial Politik (Kemensospol) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengusung tema "Kesadaran Kritis Akan Konstitusi: Kesadaran Penuh Akan Kemanusiaan" telah dibuka secara resmi di Baruga Psikologi UNM, Kamis (15/03) kemarin.

Pembukaan kegiatan Bulan Konstitusi ini tidak dibuka secara resmi oleh pihak fakultas melainkan oleh Pratiwi Alimuddin selaku Ketua Umum Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Kema FPsi UNM. Hal ini dijelaskan oleh Wahyu Setiawan selaku Menteri Sosial Politik BEM Kema FPsi UNM bahwa pihak fakultas memang sengaja tidak diundang dalam agenda pembukaan sebab tidak ada hal yang istimewa dan efisiensi waktu pun turut dipertimbangkan. Ia menambahkan, tidak perlu rasanya mengundang pihak fakultas karena kegiatan Bulan Konstitusi ini bukan kegiatan pengaderan yang harus menginap. "Kegiatannya hanya seperti diskusi biasa ji," jelasnya.

Terkait pemilihan tema pun, mahasiswa angkatan 2015 ini melakukan banyak pertimbangan. Salah satunya yaitu dikaitkan dengan materi-materi yang akan disampaikan. Sehingga, selain pemahaman konstitusi, peserta dapat melihat bahwa konstitusi atau aturan dapat digunakan untuk mencapai tujuan kemanusiaan. "Semisal aturan yang dibuat sesuai dengan kepentingan rakyat, atau masyarakat, atau komunitas tempat aturan tersebut diberlakukan. Konkretnya di ejawantakan dalam materi terakhir," tuturnya.

Bulan Konstitusi ini akan diikuti sebanyak 38 peserta yang terdiri dari dua mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, satu mahasiswa Universitas Bosowa, dua mahasiswa UNM Parantambung, 19 mahasiswa baru (maba) FPsi UNM, dua perwakilan mahasiswa dari Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) Mahasiswa Pemerhati Bumi Nusantara (Marabunta) FPsi UNM, dua perwakilan mahasiswa dari BKM Forum Studi Islam (FSI) FPsi UNM, empat perwakilan mahasiswa dari LPM Psikogenesis, enam perwakilan mahasiswa dari Biro Kegiatan Mahasiswa PSYSPORT Kema FPsi UNM. (SZ)

Posting Komentar