Lapak baca yang berlangsung di Desa Batu Rappe
Sumber: Instagram PIA


Psikogenesis, Senin (16/04)-Psychology in Action (PIA), program kerja (proker) Kementerian Pengabdian Masyarakat (Kemenpema) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah memasuki pelaksanaan terakhir sejak pertama kali dilaksanakannya.

Dedi Erwansa selaku Menteri Pengabdian Masyarakat (Menpema) menuturkan bahwa pelaksanaan PIA keenam mengalami peningkatan pendaftar volunteer. "Sekitar 98 orang yang bergabung di grup chatting Line belum termasuk dengan semua pengurus BEM," ungkapnya. 

Awalnya Dedi menargetkan volunteer yang akan berangkat sebanyak 70-80 orang mengingat hanya satu rumah yang akan digunakan pada hari kegiatan PIA. Hal ini untuk memaksimalkan komunikasi dengan semua volunteer. "Siksa ki komunikasi kalo banyak tempat," tutur mahasiswa angkatan 2014 ini.

Lebih lanjut, Dedi menjelaskan bahwa dengan meningkatnya jumlah volunteer, Kemenpema membuka tiga lapak baca yang mana tadinya hanya satu. "Akan dibuka di depan kantor desa-SD Kaluara, SD Bangkoa, dan Mis Guppi Albabrar", jelasnya.

Dedi menambahkan bahwa rumah baca akan dikelola oleh remaja yang telah diberi pelatihan oleh volunteer dan akan dilantik saat peresmian rumah baca. "Nanti akan ada pemilihan ketua rumah baca dan pelantikan," tutur Dedi.

Dedi berharap bahwa kegiatan PIA dapat menjadi contoh bagi masyarakat Kabupaten Gowa untuk meningkatkan pendidikan di Desa Batu Rappe dan meningkatkan kesadaran masyarakat Psikologi agar berpartisipasi aktif pada kegiatan PIA. "Mengingat ini PIA terakhir di periode BEM 2017-2018," tutur mahasiswa asal Bulukumba ini. (NFA)

Posting Komentar