Sumber: LPM Penalaran

Sebanyak 63 peserta dari 14 Tim berhasil menyeminar hasil penelitiannya pada hari Sabtu, 21 April 2018. Seminar hasil tersebut merupakan salah satu tahapan dalam Pelatihan Metodologi Penelitian dan Orientasi Manajemen Keorganisasian (PMP-OMK) XXI. 

Adapun judul penelitian tersebut adalah:
  1. Pengaruh Variasi Waktu Fermentasi Kulit Nanas (Ananas Comosus L. Merr)  Terhadap Kelistrikan Dari Sel Akumulator.
  2. Pengaruh Media Buku Pop-Up pada Tema Keanekaragaman Negeriku Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar.
  3. Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Kelas XI Sman 1 Gowa pada Materi Hidrolisis Garam Menggunakan Instrumen Three Tier Diagnostic Test.
  4. Perancangan Aplus (Aplikasi Pengenalan Kampus) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Berbasis Android.
  5. Analisis Sebaran Kandungan Klorofil-A pada Perairan Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa.
  6. Uji Efektivitas Pupuk Organik Cair Dari Limbah Biji Rambutan dan Kulit Pisang (Musa Paradisiaca L.) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Tomat (Solanum Lycopersicum).
  7. Efektivitas  Ekstrak Batang Brotowali (Tinospore Crispa) dan Daun Sirsak (Annona Muricata L) Terhadap Mortalitas Hama Penggerek Batang Padi (Schirpopaga Innonata.
  8. Perubahan Makna pada Arsitektur Tradisional Bola Ogi di Kecamatan Tamalate Kota Makassar.
  9. Analisis Kesejateraan Pendapatan Sopir Pete-Pete Pasikola di Kota Makassar.
  10. Analisis Efektifitas Pengunaan Penggunaan Dana Terhadap Pelaksanaan Program Lorong Garden di Kecamatan Rappocini di Kota Makassar.
  11. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterlibatan Mahasiswa Universitas Negeri Makassar dalam Organisasi Masyarakat di Kota Makassar.
  12. Pengaruh Materi Mata Pelajaran PKN Terhadap Kesadaran Politik Pemilih Pemula Di SMAN 2 Makassar.
  13. Pengaruh Kecanduan Game Mobile Legends Terhadap Perilaku Agresif Siswa SMP Negeri 25 Makassar.
  14. Evaluasi  Kesiapan Sekolah dalam Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Di SMA Negeri 10 Makassar.

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat di implementasikan nantinya baik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat maupun yang tidak. Hal ini senada dengan pendapat ketua panitia pelaksana Pelatihan Metodologi Penelitian dan Orientasi Manajemen Keorganisasian ( PMP-OMK) XXI.

"Semoga hasil hasil penelitian para peserta ini nanantinya dapat di implementasikan dengan baik di masyarakat. Dan semoga saran dan masukan yang mereka terima hari ini dapat dijadikan bahan evaluasi mereka kedepannya". Kata Wahyudin selaku ketua panitia pelaksana.

Posting Komentar