Program pertukaran mahasiswa antara Fakultas Psikologi (F.Psi) Univesitas Negeri Makassar (UNM) dengan Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan (UNM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) tahun ini kembali digelar. Kerjasama pertukaran ini adalah yang ketujuh kalinya dilakukan oleh F.Psi UNM dan Jurusan Psikologi Unnes sejak tahun 2011.

Tahun ini F.Psi UNM kembali mengirimkan lima delegasinya untuk mengikuti program pertukaran tersebut yang terdiri dari  2 mahasiswa dan 3 mahasiswi angkatan 2017. Kelimanya ialah Muhammad Shadiq Syah, Muhammad Nur Vicky Ahmad, Miftah Nur Khaeratin, Nurul Izzah Azzahra, dan Alifiya Nurasmaul Husna.

Sebelum terpilih, kelima delegasi ini telah mengikuti beberapa tahapan seleksi seperti nilai IPK minimal 3, membuat essay tentang kebudayaan Makassar, mengisi formulir dan membuat CV. Muhammad Nur Hidayat selaku Ketua Program Studi berharap agar program pertukaran ini bisa memberikan manfaat untuk Fakultas kedepannya. “Ini juga salah satu penilaian komponen soal jalinan kerja sama Fakultas dengan institusi lain kita dapat keuntungan dan juga mahasiswa-mahasiswa lainnya,” ungkapnya.

Lebih jauh ia  juga berharap agar dari segi kelembagaan UNM juga mendapatkan peruntungan meskipun secara tidak langsung, tapi dengan kerjasama yang ada antara Unnes dan UNM kedepannya lebih banyak pengaruh dan manfaatnya.

Salah satu delegasi yang terpilih mengungkapkan rasa kebahagiaannya. “Sebenarnya nda sangka juga karena ndada planning pertukaran, namun karena ini amanah dan perwakilan dari pihak Psikologi dan saya merasa senang menjadi salah satu yang terpilih,” ungkap mahasiswa yang akrab disapa Vicky. Dia juga berharap setelah pulang dari pertukaran ini bisa membawa banyak pengalaman dan menambah suatu bentuk evaluasi nantinya.

Pertukaran mahasiswa ini juga banyak mendapat dampak positif dari alumni pertukaran sebelumnya. Menurut Bambang Pratama S selaku salah satu peserta perturakan mahasiswa 2015 mengatakan bahwa dirinya mendapat banyak dampak dan pengalaman dari kegiatan ini. “Dari segi akademiknya itu betul-betul kita diajar disiplin seperti kayak di UNNES yang mempunyai budaya disiplin. Selain itu, banyak pengalaman yang didapatkan juga kita mendapat banyak teman baru dari berbagai daerah,” jelasnya.

Kelima delegasi ini akan dilepas oleh Dekan F.Psi UNM pada Kamis, 09 Agustus 2018 dan dijadwalkan  akan berangkat pada Jumat, 10 Agustus 2018. (ANH)

Posting Komentar