Pelatihan Pembuatan Kripik Bonggol Pisang

Pinrang, 2018. Mahasiswa KKN-PPM Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Kursus dan Pelatihan Keterampilan Vokasional Berbasis Potensi Lokal, Minggu (5/8/2018), di Bola Tudang Sipulung Kelurahan Mamminasae Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Pada Pelatihan ini, Mahasiswa KKN-PPM UNM memberikan sebuah pelatihan pembuatan kripik bonggol pisang dan suvenir dari batok kelapa. Yang mana ini merupakan potensi lokal yang ada di kelurahan setempat.

Selaku Koordinator Kelurahan, Risman mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu program utama dari KKN-PPM UNM di Kelurahan Mamminasae. “Sebelum pelatihan ini, kami sejak awal telah melakukan observasi terkait potensi lokal yang ada di Kelurahan Mamminasae dan kami melihat bahwasanya potensi lokal yang ada adalah pada sektor pertanian dan perkebunan yakni banyaknya tanaman pisang dan kelapa, sehingga kami berinisiatif untuk mengadakan pelatihan pembuatan kripik pisang dan suvenir dari batok kelapa," ujarnya.

Kedepannya hasil dari pelatihan ini yang berupa kripik bonggol pisang dan suvenir akan dipasarkan dan dijual di permandian air panas Sulili yang letaknya juga ada di Kelurahan Mamminasae.

Salah satu peserta pelatihan, Ibu Sunarwati mengatakan bahwa pelatihan ini sangat menarik karena mengangkat potensi lokal yang ada di daerahnya yang kemudian dapat lebih bermanfaat karena dapat dikelola dan kemudian dipasarkan. “Ini juga bisa jadi peluang usaha," tuturnya.

Pemerintah setempat dan warga sangat mendukung dan antusias mengikuti pelatihan yang diadakan oleh KKN-PPM UNM ini.

Posting Komentar