Pembukaan Training of Trainer (ToT) Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran UNM 2018 dengan tema “Sharpening Analitycal Skills, Be the Best Trainer of Penalaran”, berlangsung di LPPPTK KPTK GOWA Kamis, 9 Agustus 2018. 

Setelah melewati tahapan seleksi berkas, Leaderless Group Discussion (LGD), dan Technical Meeting (TM), peserta ToT mengikuti pembukaan di Aula LPPPTK KPTK GOWA Jl. Diklat No. 30, Patalassang Kabupaten Gowa.

ToT diawali dengan pembukaan oleh MC Jumriani Sultan dan Muh. Fadlu kemudian dilanjutkan laporan dari ketua panita, Muh. Mahfud selaku ketua panitia memaparkan jumlah peserta yang mengambil formulir ToT sebanyak 37 orang, yang mengembalikan formulir sebanyak 28 orang dan yang dinyatakan lulus seleksi sebanyak 23 orang.

Pada kesempatan ini Ketua Umum LPM Penalaran UNM, Agusman menyatakan, “lahirnya fasilitator melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan sekitar dan membawa perubahan kearah lebih baik dengan analisis yang baik, solusi yang tepat, serta tindakan yang nyata,” imbuhnya. 

Acara ini secara resmi dibuka oleh Akhmad Affandi Alumni LPM Penalaran UNM. Menurutnya, jika berbicara tentang ToT berarti membahas tentang investasi. Ketika seseorang hadir di dalam kegiatan ini berarti mereka sedang menginvestasikan diri untuk menjadi seorang trainer.

Setelah acara pembukaan peserta mendapatkan pengarahan dari panitia pengarah tentang agenda selanjutnya. Rangkaian acara dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 9 Agustus sampai 12 Agustus 2018 dengan 7 materi diantaranya analisis kebutuhan, problem solving, teknik pembuatan silabus, dasar-dasar dan peran fasilitator, analisis jabatan, metode desain pelatihan dan kerangka umum rancangan pelatihan, dan teknik presentasi. 

Posting Komentar