Agenda pembukaan kegiatan REAL 2018 dengan tema "Dunia Kampus: Peran Baru, Tantangan Baru" yang dilaksanakan di Aula MTM FPsi UNM, Kamis (30/08).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Senin (03/09)-Kegiatan Orientasi Kemahasiswaan dan Kelembagaan (REAL) 2018 sukses dilaksanakan di Aula Bahasa Arab Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Jumat-Minggu (31/08-02/09). Menariknya, REAL 2018 tak hanya diikuti oleh mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) melainkan juga lima mahasiswa pertukaran Universitas Negeri Semarang (Unnes)-UNM.

Nurul Huda, salah satu mahasiswa pertukaran Unnes-UNM menuturkan bahwa kegiatan REAL 2018 berlangsung secara sistematis, agenda yang memancing diskusi bersama dan persyaratan terkait baju yang digunakan dapat menjalin komunikasi antar mahasiswa berbagai angkatan. “Katanya harus dipersiapkan dalam satu malam begitu, nah berarti katanya si maba (baca: mahasiswa baru) itu bisa menghubungi katingnya (baca: kakak tingkat) jadi mereka itu terjalin komunikasi angkatan,” tuturnya.

Hal serupa juga diungkapkan Anna Pebrita, menurutnya dalam kegiatan REAL 2018 ini, hal kecil pun tidak luput dari perhatian semisal tata cara berpakaian. “Bisa berguna juga bagi Unnes karena di Unnes juga tidak sampai memikirkan hal segitu,” ungkapnya.

Berbeda dengan dua rekannya, Andri justru memandang bahwa kegiatan REAL 2018 merupakan mobilisasi budaya dari angkatan sebelumnya kepada mahasiswa angkatan muda yang menjadikan kebudayaan tersebut tidak akan terputus. “Karena bahwasanya kakak-kakak juga aktif dalam memberi informasi atau transformasi informasi secara akurat karena informasi-informasi yang diberikan itu real, secara langsung,” imbuhnya. (SZ)

Posting Komentar