Materi "Who Am I?" oleh Dwi Sultanah Irbah dalam kegiatan REAL 2018 dengan tema "Dunia Kampus: Peran Baru, Tantangan Baru" yang dilaksanakan di Aula Bahasa Arab UNM, Jumat (31/08).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Senin (03/09)-REAL 2018 yang merupakan salah satu program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) tuai berbagai respons positif dari mahasiswa pertukaran Universitas Negeri Semarang (Unnes)-UNM.

Salah satu mahasiswa pertukaran Unnes-UNM, Maratul Mutia mengungkapkan bahwa proses pembekalan dan kegiatan REAL 2018 dapat menjalin keakraban dan proses mengenal antar satu sama lain. “Kan gak cuma sekali dua kali mereka ngumpul juga, bikin tugas bareng,” ungkapnya.

Selain itu, Zian Ismatul Maula rekannya turut memuji REAL 2018. Zian menjelaskan bahwa persyaratan pakaian yang diterapkan di UNM tidak diterapkan di Unnes, hal tersebut membedakan REAL dengan pengaderan yang ada di Unnes. “Selain itu kebersihan itu di Unnes juga belum pernah diterapkan untuk bersih-bersih kampus seperti itu,” jelasnya.

Terkait kegiatan REAL ke depannya, Zian Ismatul Maula menambahkan bahwa panitia sebaiknya dapat memperhatikan hal detail seperti memberikan dekorasi yang menarik dan berkesan sehingga mahasiswa baru merasa lebih antusias. “Karena ini merupakan event pertama mereka mengikuti pengaderan di kampus,” tambahnya.

Harapan lain datang dari Anna Pebrita terkait fasilitas. Ia berharap agar fasilitas tempat dapat diperhatikan sehingga mahasiswa baru dapat dengan nyaman menerima materi selama proses kegiatan berlangsung. “Maksudnya dari gedungnya, suhu ruangannya, terus kayaknya tempatnya juga kurang cukup luas kasian yang lain sempit-sempitan di belakang, untuk melihat pun mungkin susah karena ada temboknya, begitu,” harapnya. (SZ)

Posting Komentar