Makassar, Sabtu (08/09) tahun 2018. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) periode 2018-2019 menggelar Olimpiade Matematika tingkat SD, SMP, dan SMA se-Sulawesi Selatan dan Barat yang dikenal dengan nama Genius on Mathematics in Real Application (Geometri) 2018. Kegiatan berlangsung selama 4 hari dimulai pada tanggal Sabtu-Selasa (08-11/09) tahun 2018 di Kampus FMIPA UNM Parangtambung.

Kompetisi ini merupakan lomba tahunan yang diadakan HMJ matematika FMIPA UNM  guna meningkatkan jiwa kompetitif siswa, khususnya dalam bidang matematika dan umumnya pada bidang yang lain dalam rangka menciptakan pribadi yang unggul dalam prestasi. Ajang tersebut mengusung tema "Eksponen: Educative Knowledgeable, Smart, and Persisten on Mathematics Event” dengan konsep negeri di atas awan.

Pembukaan Geometri 2018 dilaksanakan di pelataran kampus FMIPA UNM  yang dihadiri oleh Abdul Rahman selaku ketua jurusan matematika FMIPA UNM beserta jajarannya, warga matematika FMIPA UNM serta peserta Geometri 2018. Dimulai pada pukul 09.00 WITA dengan menampilkan 2 tarian yaitu tari paduppa dan tari 4 etnis, paduan suara dan akustik juga turut memeriahkan perhelatan pembukaan acara tersebut. "Junjung tinggi sikap jujur, hormati aturan yang ada. Sehingga semua kegitan kita nanti akan bermanfaat dan diberkahi," ujar Abdul Rahman selaku Dekan FMIPA UNM.

Sekitar 500 siswa siap berkompetisi di Geometri 2018. Kegiatan ini memiliki rangkaian event berupa pameran media pembelajaran dan lomba, diantaranya lomba media pembelajaran, LCTM, Digit, dan G-Dot. "Kegiatan ini sangat bagus, teruntuk kelas 3 SMP yang akan segera melaksanakan UNBK. Ini bisa dijadikan try out tambahan," ujar Dian Adillah Azizah, salah satu peserta LCTM individu.

Ketua panitia, Zulfiki Hidayat mengatakan bahwa diadakannya kegiatan ini guna membuat peserta mengetahui sisi yang menakjubkan dari matematika dan tidak menganggapnya sebagai mata pelajaran yang sulit dan menakutkan. “Perhelatan lomba matematika digelar sebagai ajang untuk menghilangkan anggapan di benak siswa bahwa matematika itu sulit dan menakutkan. Selain itu juga untuk menunjukkan eksistensi HMJ matematika FMIPA UNM kepada masyarakat luas dan untuk meningkatkan sinergi antar semua elemen internal universitas," ujarnya.

Posting Komentar