Dista dengan tema "Kemana Sampahmu?" oleh BKM Marabunta FPsi UNM di Baruga Kemahasiswaan FPsi UNM, Kamis (01/11).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Kamis (01/11)-Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) Mahasiswa Pemerhati Bumi dan Nusantara (Marabunta) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan Dialog Semesta (Dista) di Baruga Kemahasiswaan FPsi UNM, Kamis (01/11) sore tadi.

Dialog Semesta (Dista) yang merupakan program kerja (Proker) Divisi Studi Lingkungan Hidup BKM Marabunta FPsi UNM  mengangkat tema "Kemana Sampahmu?" dengan Muh. Ikhsan S sebagai pembicara. 

Mahasiswa angkatan 2015 tersebut mengungkapkan bahwa tema yang diusung dengan bentuk pertanyaan tersebut dimaksudkan sebagai penyadaran kepada orang-orang sekitar bahwa setiap sampah yang dihasilkan tidak langsung hilang. "Supaya orang sadar bahwa kalau itu sampah lepas mi dari dirinya, bukan berarti sampah itu tidak lepas ki dari masalah, pasti ada ki masalah yang dihasilkan sampah," ungkapnya.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa topik yang mengangkat persoalan sampah ini merupakan hasil analisis terkait lingkungan hidup yang dimana sampah sering menjadi penyebab terjadinya banjir. Sehingga, hal tersebut dipandang perlu untuk dijadikan pembahasan yang kemudian dituangkan ke dalam Proker BKM Marabunta FPsi UNM. "Bagaimana agar kepada masyarakat, khususnya masyarakat Psikologi sadar ki Dista Marabunta Angkat Masalah Sampah bahwa sampah yang dihasilkan berdampak ki ke lingkungannya dan kembali ki ke mereka masing-masing dan ke orang lain," jelasnya.

Mahasiswa yang akrab disapa Aborigin ini berharap agar mahasiswa yang mengikuti kegiatan Dista dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dalam kesehariannya. "Baik dalam mengurangi hingga menanggulangi bencana khususnya yang terkait dengan sampah," ujarnya. (SI)

Posting Komentar