Foto bersama mahasiswa pertukaran UNM-UNNES, pihak FPsi UNM dan pihak Jurusan Psikologi FIP UNNES dalam upacara pelepasan mahasiswa pertukaran UNM-UNNES yang dilaksanakan di Gedung Dekanat Lantai 3 FIP UNNES, Jumat (04/01).
Sumber: Dok. Pribadi Mahasiswa Pertukaran UNM-UNNES

Psikogenesis, Minggu (06/01)-Mahasiswa pertukaran Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM)-Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang (UNNES) telah menjalani upacara pelepasan yang digelar di Gedung Dekanat Lantai 3 Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNNES, Jumat (04/01).

Upacara pelepasan mahasiswa pertukaran ini dihadiri oleh Muh. Daud selaku Pembantu Dekan II (PD II) FPsi UNM, Muh. Nurhidayat Nurdin selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) FPsi UNM, serta Fachry Nurdin selaku Koordinator Tata Usaha (TU) FPsi UNM.

Salah satu mahasiswa pertukaran UNM-UNNES, Muhammad Shadiq Syah, merasa senang karena memeroleh banyak pengalaman dan relasi selama mengikuti masa pertukaran. "Pengalaman kepanitiaan, pengalaman belajar, dan pengalaman liburan," ujarnya.

Tidak hanya itu, perasaan senang dan bangga telah mewakili UNM terkhusus FPsi UNM, diungkapkan oleh Miftah NurKhaerati selaku salah satu mahasiswa pertukaran UNM-UNNES. Ia mengungkapkan, telah mendapatkan pengalaman lebih seperti mengikuti Interaksi Mahasiswa Baru Psikologi (INTUISI). "Kami (Baca: Mahasiswa Pertukaran UNM-UNNES) juga sebisa kami mengikuti setiap kegiatan yang ada disana guna untuk mempererat tali silaturahmi," ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa ia cukup puas dengan proses belajar dan kerjasama antar dosen dan mahasiswa yang ada di UNNES. "Dosen-dosen dan mahasiswa disana alhamdulillah bisa menerima dengan baik keberadaan kami, sehingga kerjasama pun baik kak," jelasnya.

Pandangan lain turut dipaparkan oleh Nurul Izzah Azzahra, mahasiswa pertukaran UNM-UNNES lainnya. Ia menjelaskan bahwa cara belajar dan akademik yang diperoleh selama di UNNES berbeda dengan FPsi UNM baik dari segi tugas maupun sistem presensi di UNNES yang telah menggunakan sistem web. "Misal, kalau tugas itu individu disana mereka betul-betul kerja individu begitupun kalau kelompok. Terus tugas disana tidak sebanyak tugas disini, karena tugasnya itu nanti baru banyak pas final," imbuhnya. 

Kelima mahasiswa pertukaran UNM-UNNES telah tiba di Makassar pada pukul 22.30 WITA, Sabtu (05/01). (SI)

Posting Komentar