Countdown LDKM 2019
Sumber: Dok. Panitia Publikasi dan Dokumentasi LDKM

Psikogenesis, Sabtu (02/02)-Analisis Sosial (ansos) yang merupakan salah satu bagian dari konsep Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) 2019 yang dilakukan oleh peserta LDKM dengan menganalisis masalah-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat, dikemas berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Siti Aisyah Humairah Solihin selaku Koordinator Panitia Acara LDKM 2019 menerangkan bahwa pada tahun sebelumnya, ansos dilakukan dengan turun langsung ke masyarakat luas seperti pulau ataupun kampung pemulung, sedangkan untuk tahun ini, ansos hanya dilakukan dalam lingkup fakultas-fakultas yang ada di Universitas Negeri Makassar (UNM). "Tahun ini, kita memilih masalah yang ada di fakultas-fakultas di UNM," terang mahasiswa yang akrab disapa Aisy ini.

Aisy kemudian menjelaskan bahwa pemilihan tempat ansos tersebut mempertimbangkan keselamatan para peserta LDKM yang melakukan ansos, mengingat banjir yang akhir-akhir ini kerap terjadi. "Takutnya keamanannya mereka minim ki kalo misalnya keluar ki," jelasnya.

Selain itu, ansos dalam lingkup UNM ini juga diharapkan mampu membuat para peserta saling mengenal dengan mahasiswa fakultas lain dan mampu mengetahui masalah yang terjadi di fakultas yang ada di UNM. "Bisa ki juga saling mengenal dengan orang disana, dan tau apa masalah-masalah internalnya UNM dan bisa ki na bandingkan bagaimana di Psikologi dan fakultasnya mereka," harap Aisy. (AL)

Posting Komentar