Foto bersama mahasiswa Psikologi Kampus Gunungsari dengan mahasiswa Psikologi Kampus Parepare setelah sosialisasi Training Camp IX di Rumah Belajar Cinta Damai, Kota Parepare. Sabtu (02/03).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Senin (04/03)-Mahasiswa Program Studi (Prodi) Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM) Kampus V Parepare akan membentuk Lembaga Kemahasiswaan (LK) sendiri di Parepare.

Eris Gunawan, salah satu mahasiswa Prodi Psikologi UNM Kampus V Parepare angkatan 2017 menjelaskan bahwa lembaga yang akan dibentuk adalah Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi). 

Menurut mahasiswa yang akrab disapa Eris ini, sebelumnya ada dialog dengan Muhammad Daud selaku Wakil Dekan II (WD II) Fakultas Psikologi (FPsi) UNM mengenai pembentukan lembaga di Kampus V Parepare juga atas dasar pertimbangan bahwa mahasiswa yang berada di Kampus V Parepare tidak terjangkau oleh LK yang ada di Makassar. "Jadi inisiatif dari Makassar dirumuskanlah bahwa dibentuk Himaprodi di Parepare agar kegiatan kelembagaan juga mahasiswa Parepare bisa ikut terlibat," jelas Eris.

Eris turut menambahkan bahwa informasi mengenai LK untuk Mahasiswa Prodi Psikologi UNM Kampus V Parepare lebih dulu diketahui oleh Mahasiswa Prodi Psikologi kelas H. Namun, kejelasan informasi mengenai pembentukan LK tersebut baru didapatkan seminggu yang lalu oleh koordinator Kampus V Parepare. "Disitu saya diarahkan untuk membentuk Himaprodi dan itupun diberi waktu paling lambat 3 minggu," tambahnya.

Eris menuturkan bahwa pembentukan struktur inti kepengurusan telah dilaksanakan pada hari Jumat (01/03) yang dipimpin langsung oleh Muh. Daud selaku WD II melalui sistem  dengan 3 orang kandidat calon ketua, yaitu Eris Gunawan, Irsyad Hidayat dan Diah Cantika. Voting tersebut pun dimenangkan oleh Eris Gunawan sebagai ketua terpilih. “Alhamdulillah yang terpilih itu saya dengan voting terbanyak," tutur Eris.

Eris menerangkan bahwa struktur kepengurusan yang terdiri Wakil Ketua, Sekretaris dan Wakil Sekretaris yang merupakan mahasiswa Prodi Psikologi UNM Kelas V Parepare angkatan 2017. “Itu saran dari pak Daud sendiri, nanti keanggotaan atau bidang-bidangnya nanti baru masukkan adik-adik dari 18 (baca: angkatan 2018)," terangnya.

Menurut Eris, susunan struktur kepengurusan akan rampung dalam waktu satu minggu. Selain itu, Ketua Umum Himaprodi terpilih ini menyebutkan bahwa AD/ART yang sementara dibuat ini akan disesuaikan dengan aturan yang berlaku dalam Keluarga Mahasiswa (Kema) FPsi UNM. Meski untuk penggarapannya, Eris mengaku akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dibanding pembentukan kepengurusan. “Untuk AD/ART karena masih banyak yang sedang dipertimbangkan mana yang akan dimasukkan mana yang akan dirombak, mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama," imbuhnya.

Eris berharap dengan terbentuknya Himaprodi ini mahasiswa Prodi Psikologi UNM Kampus V Parepare dapat lebih mengembangkan kualitas dan soft skill.  

Dia juga berharap, masyarakat Kema baik alumni maupun mahasiswa aktif agar sering berkunjung memberi masukan. “Dengan terbentuknya himpunan ini bukannya memisahkan, namun bisa lebih mempererat kita dari Parepare dengan Makassar," tutup Eris. (RF3)

Posting Komentar