Presentasi kedua calon pilmapres tingkat FPsi UNM yang dilaksanakan di Ruang Seminar Gedung BM lt. 2 FPsi UNM, Senin (26/03/2018)
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Sabtu (02/03)-Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang akan dihelat pada Selasa (05/03) mendatang, masih sepi pendaftar.

Dadang Mas Bakar selaku salah satu tim seleksi pilmapres mengaku telah melakukan publikasi mengenai pilmapres dengan baik, hingga informasi mengenai janji hadiah bagi para juara. Namun hingga saat ini, jumlah pendaftar masih bertahan di angka dua. "Kalau memang misalnya sampai hari Senin, yang mengembalikan berkas cuma dua orang, ya sudah kita cuma lakukan dua orang," ungkapnya. 

Mahasiswa yang akrab disapa Dadang ini juga menjelaskan mengenai langkah-langkah yang harus ditempuh oleh para peserta pilmapres. Mulai dari mengisi formulir, hingga membuat karya ilmiah yang menjadi persyaratan wajib.  "Pertama adalah formulir, yang kedua adalah karya ilmiah," jelasnya.

Mahasiswa yang juga menjadi salah satu Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) FPsi UNM tahun 2017 ini menerangkan bahwa seleksi pertama yang dilakukan adalah dengan menyeleksi berkas para peserta yang terdiri atas pengalaman organisasi, pengalaman mengikuti kegiatan, hingga pengalaman mengikuti lomba-lomba, baik di tingkat kampus maupun tingkat nasional dan internasional. "Berkasnya juga termasuk  pengalaman-pengalaman organisasi, kegiatan, ataupun lomba yang pernah diikuti," terangnya.

Selain itu, Dadang menuturkan bahwa setelah seleksi berkas, tim akan melakukan pilmapres dengan meminta para peserta untuk mempresentasikan hasil karya tulis yang telah dibuat dengan menggunakan bahasa asing yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).  "Mereka, yang dianggap memenuhi berkas, itu akan melakukan presentasi, kadang presentasinya itu menggunakan bahasa Inggris," tuturnya.

Mahasiswa angkatan 2014 ini juga menambahkan, setelah melakukan presentasi, peserta yang menjadi juara akan diumumkan dua atau tiga hari setelah presentasi dilakukan. "Setelah presentasi, kemungkinan dua atau tiga hari baru ada pengumuman, juara satu, dua dan tiga," ujarnya.

Lebih lanjut, para peserta yang menjadi juara di tingkat fakultas akan menjadi wakil fakultas untuk kembali mengikuti seleksi di tingkat universitas. Bahkan, para juara di tingkat fakultas tersebut, akan mendapatkan uang pembinaan. "Untuk juara-juara, ada hadiah yang disiapkan, berupa uang pembinaan," imbuhnya.

Dadang pun berharap agar lebih banyak mahasiswa yang mendaftar dalam seleksi pilmapres. "Kita mau banyak teman-teman yang mendaftar,"  tutupnya.

Adapun persyaratan untuk mengikuti pilmapres adalah mahasiswa aktif FPsi UNM dan maksimal semester 6. (ZN)

Posting Komentar