Rapat Panitia Islamic Studies Training (IST) yang dilaksanakan di Pelataran Phinisi UNM, Selasa (05/03).
Sumber: Panitia Pubdok IST

Psikogenesis, Rabu (20/03)- Islamic Studies Training (IST) yang merupakan salah satu program kerja (Proker) Departemen Pembinaan Forum Studi Islam (FSI) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan dilaksanakan pada Jumat-Minggu (19-21/04) mendatang. 

Muhammad Shadiq Syah selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa pada tahun 2017, telah dilaksanakan kegiatan serupa. Namun, nama kegiatan tersebut adalah Bina Akrab dan saat ini diubah menjadi Islamic Studies Training karena Bina Akrab dianggap tidak sesuai dengan konsep training. "Jadi bisa dibilang ini IST baru pertama kali diselenggarakan oleh FSI," Tuturnya.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai sarana untuk membangun paradigma Islami sekaligus mengenalkan keorganisasian dasar FSI itu sendiri kepada peserta yang akan berpartisipasi dalam IST. 

"Diadakannya kegiatan tersebut bertujuan untuk membentuk kader Islam, paham akan sejarah peradaban Islam, membentuk kader Islam, paham akan problematika umat Islam," ungkap mahasiswa angkatan 2017 tersebut.

Mahasiswa yang akrab disapa Shadiq ini juga mengungkapkan bahwa Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Bina akrab adalah acuan panitia dalam mempersiapkan lokasi kegiatan IST. Ia juga mengaku bahwa para panitia sampai saat ini masih mempertimbangkan berbagai tempat yang kondusif untuk para peserta. "Tempat belum rampung, masih cari tempat yang nyaman," ujarnya.

Lebih jauh, ketua angkatan 2017 ini menjelaskan bahwa ada banyak manfaat dalam kegiatan IST, salah satunya adalah menempa diri untuk mengamalkan ibadah-ibadah sunnah. 

"Kita (baca: panitia dan peserta) dilatih mengamalkan ibadah sunnah, seperti sholat tahajjud dan sholat dhuha dan insyaAllah menjadi kebiasaan dilakukan seterusnya," tutupnya. (013)

*Berita ini ditulis oleh Peserta Magang Diklat Jurnalistik (DJ) XI LPM Psikogenesis

Posting Komentar