Program SAINS merupakan program yang sudah menjadi program tahunan untuk seluruh mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) untuk mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Mahasiswa pada Fakultas Psikologi (FPsi) UNM sendiri biasanya memprogramkan mata kuliah tersebut di semester 2. 


Subjek sebanyak 100 orang yang merupakan mahasiswa FPsi UNM angkatan 2018 Kelas A sampai G yang terdiri dari kelas A sebanyak 10 responden, kelas B sebanyak 16 responden, kelas C sebanyak 19 responden, kelas D sebanyak 26 responden, kelas E sebanyak 7 responden, kelas F sebanyak 12 responden dan kelas G sebanyak 10 responden.

Pernyataan:

Antusias Mahasiswa Psikologi Angkatan 2018 dalam mengikuti program SAINS

Hasil survei yang telah dilakukan pada 100 mahasiswa FPsi UNM angkatan 2018 menunjukkan bahwa sebanyak 45 dari 100 responden sangat setuju dengan pernyataan antusias mengikuti program SAINS, 53 responden setuju dengan pernyataan tersebut, 20 responden tidak setuju dengan pernyataan tersebut, kemudian tidak ada responden yang memilih pernyataan sangat tidak setuju.

Mengikuti program SAINS dengan persiapan


Hasil survei yang telah dilakukan pada 100 Mahasiswa FPsi UNM angkatan 2018 menunjukkan bahwa sebanyak 27 dari 100 responden sangat setuju dengan pernyataan mengikuti program SAINS dengan persiapan, 61 responden setuju dengan pernyataan tersebut, 12 responden tidak setuju dengan pernyataan tersebut, kemudian tidak ada responden yang memilih pernyataan sangat tidak setuju.

Tidak gugup pada saat mengikuti program SAINS

Hasil survei yang telah dilakukan pada 100 mahasiswa FPsi UNM angkatan 2018 menunjukkan bahwa sebanyak 25 dari 100 responden sangat setuju dengan pernyataan tidak gugup pada saat mengikuti program SAINS, 54 responden setuju dengan pernyataan tersebut, 20 responden tidak setuju dengan pernyataan tersebut, kemudian 1 responden yang memilih pernyataan sangat tidak setuju.

Bahagia dengan nilai pre-test program SAINS

 Hasil survei yang telah dilakukan pada 100 mahasiswa FPsi UNM angkatan 2018 menunjukkan bahwa sebanyak 25 dari 100 responden sangat setuju dengan pernyataan bahagia dengan nilai pre-test program SAINS, 62 responden setuju dengan pernyataan tersebut, 13 responden tidak setuju dengan pernyataan tersebut, kemudian tidak ada responden yang memilih pernyataan sangat tidak setuju.

*Riset ini dilakukan oleh Anggota Baru Angkatan XI LPM Psikogenesis

Posting Komentar