Fakultas Psikologi UNM
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis


Psikogenesis, Minggu (30/06)-Proposal Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Pembentukan Program Pascasarjana (PPs) Bidang Ilmu Psikologi yang disusun oleh pihak dari Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) disebut telah rampung. 

Muh. Daud selaku Wakil Dekan I Bidang Kemahasiswaan yang sekaligus bertugas untuk mengoordinasi penyusunan proposal pengajuan S2 Psikologi menyampaikan bahwa seluruh kriteria untuk mengajukan pendirian program S2 telah terpenuhi, mulai dari syarat terkait Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana, serta kurikulum. 

Terkait SDM, Daud menjelaskan bahwa FPsi UNM telah memenuhi syarat yang ditentukan, yakni memiliki minimal 5 dosen bergelar doktoral. Dari segi sarana dan prasarana, Daud mengklaim gedung pascasarjana telah tersedia. "Tidak mungkin kita ajukan kalau tidak ada sumber dayanya, sarana prasarananya juga iya, sudah," jelasnya. 

Daud juga menyatakan tidak ada masalah untuk kurikulum, karena Program Studi (Prodi) Psikologi telah memiliki kurikulum nasional, sehingga dalam memenuhi kriteria kurikulum, pihak fakultas hanya mengikut pada kurikulum yang sudah ada. "Semua sudah ada, jadi sisa kita pake itu, kemudian kita tambahkan mungkin mata kuliah-mata kuliah atau muatan kurikulum yang relevan untuk kepentingan lokal," ungkapnya. 

Hingga saat ini, Daud mengungkapkan bahwa Proposal Bimtek untuk program S2 telah diselesaikan, tetapi masih menunggu dari Lembaga Layanan Pendidikan Pendidikan Tinggi (L2 Dikti) dan penandatanganan beberapa berkas oleh Rektor UNM. "Karena kita menunggu penyelesaian prasyarat lain, seperti rekomendasi dari L2 Dikti," ujarnya. 

Daud juga menerangkan bahwa hanya butuh waktu satu minggu untuk mendapatkan persetujuan dari pihak Dikti. Sebab, proses pemberian izin hanya melalui berkas yang dikirim oleh pihak fakultas tanpa proses visitasi. "Kalau kita proses bulan depan ini, bulan 7 dan sudah diacc, ya kita bisa terima di bulan Agustus mahasiswa baru (baca: mahasiswa baru program Pascasarjana)," pungkasnya. (ZN)

Posting Komentar