Pamflet coming soon Bakti Riset 2019
Sumber: Dok. Panitia Bakti Riset 2019

Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) akan menggelar kegiatan Bakti Riset dengan tema “Riset Membumi Masyarakat Berdaya”.

Penelitian seringkali hanya sampai di tulisan saja dan publikasi di jurnal. Implementasi hasil penelitian pada masyarakat masih sangat minim. LPM Penalaran UNM menyadari permasalahan ini, untuk itu LPM Penalaran UNM menginisiasi program kerja Bakti Riset. Mengangkat tema "Riset Membumi, Masyarakat Berdaya", Bakti Riset 2019 akan menerapkan hasil penelitian di Desa Bacu-bacu, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru pada Selasa-Sabtu (27-31/08).

Ivan Adrian selaku Ketua Panitia Bakti Riset 2019 mengungkapkan, "tujuan utama dari penelitian yaitu untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat, jadi sudah semestinya kita menerapkan hasil penelitian kepada masyarakat."

Terdapat lima bidang pengabdian yang akan dilaksanakan, yaitu pendidikan, pariwisata, lingkungan hidup, pangan, dan kesehatan.

Desa Bacu-bacu memiliki potensi sumber daya yang memungkinkan untuk dikembangkan. Kacang tanah dan padi mendominasi sektor pertanian.

Menurut Sekretaris Desa Bacu-bacu, Sahur, desanya adalah salah satu desa utama penyedia bahan baku untuk pabrik pengolaan biji kacang. Namun, petani hanya menjual biji kacang saja, sementara kulit kacang dibuang begitu saja. Masyarakat, melalui Bakti Riset 2019, akan mengolah limbah kulit kacang menjadi media tanam jamur tiram sebagai bentuk ketahanan pangan. Bukan hanya itu, limbah kulit kacang juga akan dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan pupuk organik cair demi mendukung sistem pertanian organik. Kearifan lokal dan nilai kebersamaan yang masih terjaga menjadi faktor pendukung dalam memberdayakan masyarakat.

"Kami sebagai lembaga penelitian tentunya berkeinginan agar penelitian yang telah kami buat di lembaga kami bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," terang Wahyudin, Ketua Umum LPM Penalaran.

Lebih lanjut, ia mengutarakan, "Salah satu caranya dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat yang tentu akan menerapkan hasil penelitian yang dilakukan oleh lembaga dan anggota kami."

Selain itu kegiatan ini juga guna melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian. "Semoga dengan terlaksananya Bakti Riset ini penelitian yang kami terapkan benar-benar bisa membantu dan bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya.

Posting Komentar