Sumber: Dok. LPM Penalaran UNM

Buku Velcro Geometri (Kureri) adalah hasil penelitian Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) yang diterapkan melalui kegiatan Bakti Riset 2019. Kureri didesain menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan muatan materi yang mencakup bangun datar layang-layang dan trapesium sesuai kurikulum 2013.

Penerapan Kureri dilaksanakan pada Jumat (30/08) di SD Inpres Ampiri, Desa Bacu-bacu, Kacamatan Pajananting,  Kabupatem Barru, Sulawesi Selatan. Sebanyak 12 peserta didik kelas IV menggunakan Kureri sebagai didik kelas IV dengan menggunakan Kureri sebagai media belajar geometri. Proses pembelajaran difasilitasi oleh tim pendidikan Bakti Riset. 

"Tujuan penerapan Kureri agar peserta didik belajar dengan pengalaman yang konkret dan menyenangkan melalui Kureri," ungkap Fauziah Rasyid selaku penanggung jawab Bidang Pendidikan.

Bukan hanya bagi siswa, Kureri juga diberikan kepada guru kelas agar selanjutnya dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Kureri dilengkapi buku panduan demi memudahkan guru membuat media belajar sendiri. Buku panduan Kureri berisikan alat dan bahan pembuatan, cakupan materi, metode belajar, hingga kunci jawaban soal-soal dalam Kureri.

Posting Komentar