Sumber: Dok. LPM Penalaran UNM

Bidang Kesehatan Bakti Riset 2019 Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Penyuluhan Pemilahan Sampah di Desa Bacu-bacu, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru 2019 pada Sabtu (31/08).

Sasaran dari penyuluhan pemilahan sampah yaitu masyarakat Desa Bacu-bacu. Total peserta yang hadir berjumlah 68 orang. Adanya penyuluhan ini bertujuan agar warga dapat membedakan sampah organik dan anorganik, serta dapat mengelola sampah untuk menambah nilai guna. Pengelolaan sampah dengan mendaur ulang sampah seperti membuat kperajinan tangan dari sampah, pupuk kompos, ecobrick dan pengelolaan sampah lainnya. 

"Penyuluhan sampah ini diharapkan menjadi edukasi awal kepada masyarakat untuk dapat mengelolah sampah sehingga menambah nilai guna, dan menjadikan Desa Bacu-bacu, desa yang bersih dan kreatif," ungkap Riska, penyuluh pemilahan sampah. 

Warga setempat sangat senang terhadap kegiatan ini. Hasan, salah seorang warga mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan penyuluhan pemilahan sampah.

"Bagus ada kegiatan penyuluhan pemilahan sampah karena warga di sini itu tidak tahu bahwa sampah harus dibedakan tempatnya, jadi kami di sini dicampur saja sampah basah dan kering. Kami baru tahu kalau sampah bisa diolah menjadi banyak hal seperti pupuk, hiasan-hiasan dan bisa dijual kembali." ujarnya.

Posting Komentar