Tim PKM Solusi Permasalahan Sosial Kecanduan Game Online Menggunakan Model Matematika SEIR pada Siswa SMP Negeri 3 Makassar saat mengikuti Monitoring dan Evaluasi di Balroom Lt. 2 Menara Pinisi UNM, Kamis (27/06).
Sumber: Dok. Peserta Monev

Psikogenesis, Rabu (07/08)-Salah satu tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH) yang berasal dari Universitas Negeri Makassar (UNM) akan hadir di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 32 di Bali dengan membawakan judul PKM Solusi Kecanduan Gim Online dengan Menggunakan Model Matematika Susceptible Exposed Infected Recovered (SEIR) pada Siswa di SMP Negeri 3 Makassar.

Model Matematika merupakan sekumpulan persamaan atau pertidaksamaan yang mengungkap perilaku suatu permasalahan menjadi nyata. Model Matematika SEIR merupakan salah satu contoh model matematika dalam bidang kesehatan yang digunakan untuk mengetahui bagaimana penyebaran suatu penyakit menular maupun tidak menular.

Nurul Azizah Muzakir yang merupakan ketua tim mengatakan bahwa sebelumnya belum pernah ada yang menggunakan model matematika SEIR untuk permasalahan sosial. "Rata-rata itu digunakan di bidang kesehatan," tambahnya.

Selain itu mahasiswa angkatan 2016 ini menyebutkan tujuan PKM itu dibuat karena saat ini kecanduan gim online telah menjadi masalah yang genting dan dapat berdampak pada mental seseorang. "Sekarang ini sudah banyak orang yang kecanduan terutama remaja dan dampaknya juga tidak main-main sampai bisa mengakibatkan seseorang terkena gangguan mental," ujarnya.

Cica, sapaan akrabnya, berharap penelitian ini nantinya dapat membuat generasi muda menjadi sadar bahwa kalau bermain gim online secara berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif bagi kita. "Main gim secara berlebihan dapat menimbulkan dampak baik bagi kesehatan fisik maupun psikologis," harapnya.

Cica menambahkan bahwa orang tua memiliki peran penting dalam mengawasi anak-anaknya ketika bermain gim online. "Perlu mengatur waktu kapan sebaiknya bermain dan tidak bermain gadget," tandasnya. (SS)

Posting Komentar