Agenda pembukaan dalam kegiatan REAL 2019 dengan tema "Mahasiswa: Lingkungan, Budaya dan Peran Baru" yang berlangsung di Aula Gedung Bahasa Arab UNM, Kamis (22/08).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Kamis (22/08)-Kegiatan Orientasi Kemahasiswaan dan Kelembagaan (REAL) dengan tema "Mahasiswa: Lingkungan, Budaya, dan Peran Baru" telah resmi dibuka oleh Ahmad selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Kamis (22/08) di Aula Gedung Bahasa Arab UNM. 

Dalam sambutannya, Ahmad mengungkapkan apresiasi terhadap Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) FPsi UNM terkait penyelenggaraan REAL. "Terima kasih kepada BEM, membuat tahapan-tahapan yang sangat bagus, yaitu pertama masuk REAL, pengenalan lembaga dulu," ungkapnya. 

Dosen Mata Kuliah Filsafat ini juga menekankan bahwa sebagai mahasiswa, selain akademik, organisasi juga menjadi hal yang penting. Organisasi dapat membentuk individu, skill, dan kompetensi mahasiswa. "Jangan disangka organisasi membuat kita redup, justru organisasi ini yang membuat kita eksis," tegasnya. 

Selain Ahmad, Hernawati selaku Ketua Umum Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Kema FPsi UNM turut memberikan sambutan. Ia menyampaikan agar mahasiswa baru (maba) angkatan 2019 tidak perlu takut akan aksi perpeloncoan, sebab REAL merupakan Program Kerja (Proker) BEM Kema FPsi UNM yang telah diatur dalam Undang-undang (UU) Kemahasiswaan (Kema) dengan penanaman nilai soft skill, nilai kemahasiswaan, dan nilai kelembagaan. "Di setiap pengaderan kalian akan, istilahnya mendapat perpeloncoan, itu tidak benar," ujarnya. 

Adapun kegiatan REAL ini akan digelar selama 3 hari, yaitu Jumat-Minggu (23-25/08) di Ballroom Hall B Pinisi UNM dengan jumlah peserta sebanyak 311 mahasiswa, yang terdiri atas 308 mahasiswa angkatan 2019 dan 3 mahasiswa angkatan 2018. (ZN)

Posting Komentar