Agenda Penutupan dalam Kegiatan REAL 2019 dengan tema "Mahasiswa: Lingkungan, Budaya dan Peran Baru" yang diselenggarakan oleh BEM Kema FPsi UNM di Aula MTM FPsi UNM, Minggu (25/08).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Senin (26/08)-Orientasi Kemahasiswaan dan Kelembagaan (REAL) 2019 Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang usai diselenggarakan pada Jumat-Minggu (23-25/08) di Ballroom Lt. 2 Menara Pinisi UNM, serta Aula Moh. Thayyeb Manrihu (MTM) FPsi UNM mendapatkan tanggapan positif dari peserta.

Naufal Fadhil Riyanto misalnya, mahasiswa pertukaran Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang menjadi salah satu peserta REAL 2019 ini menyebut bahwa REAL 2019 mengajarkan dirinya rasa tanggungjawab bagi diri dan angkatan. 

Mahasiswa yang akrab disapa Naufal ini mengungkapkan, kegiatan REAL 2019 ini dapat menguatkan angkatan sampai lulus. "Istilahnya, sebuah angkatan yang nantinya akan bersama selama sampai lulus,” ungkapnya.

Naufal menganggap tugas-tugas dan hukuman untuk peserta REAL 2019 yang melakukan copy paste sudah sangat sesuai dan bukan merupakan perpeloncoan. “Tapi ada manfaat tersendiri yang didapatkan oleh mahasiswa buat di kuliah nantinya,” ujarnya.

Mahasiswa asal Jogja ini juga menambahkan bahwa kegiatan yang paling berkesan dalam REAL 2019 ini, yaitu pengenalan Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM). “Ketika kita (baca: peserta REAL 2019) memutar-mutari Fakultas Psikologi ini, kita berkenalan dengan lembaga kemahasiswaan yang ada di Fakultas Psikologi UNM ini,” tambahnya.

Sama dengan Naufal, Nursyamsisdar, salah satu mahasiswa baru (maba) 2019 FPsi UNM menyampaikan bahwa pengenalan BKM merupakan kegiatan yang berkesan dalam REAL 2019 ini. “Menurut saya pengenalan BKM itu sangat penting karena BKM itu sendiri kedepannya mungkin bisa membantu saya di psikologi,” tuturnya.

Selain pelajaran, maba asal Enrekang ini mengaku, kegiatan ini melatih mental mahasiswa untuk menghadapi kehidupan di kampus kedepannya. “Banyak sekali sebenarnya yang bisa kita dapatkan dari REAL ini terutama sikap mental dan kita juga bisa mendapatkan keluarga baru dan bisa mengenal kakak-kakak yang baik-baik semua,” tutupnya. 

Pada REAL 2019, konsep pengenalan Lembaga Kemahasiswaan Kema FPsi UNM disajikan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana pengenalan Lembaga Kemahasiswaan dikemas dalam bentuk pameran setiap Lembaga Kemahasiswaan. (ANS)

Posting Komentar