Materi Ecobric oleh Ainun Qalbi dalam Dialog Semesta (Dista) dengan tema "Oplas (Operasi Plastik)" yang diselenggarakan oleh Marabunta FPsi UNM di Taman Bushcraft FPsi UNM, Kamis (29/08).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Kamis (29/08)-Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) Mahasiswa Pemerhati Bumi Nusantara (Marabunta) menggelar Dialog Semesta (Dista) dengan tema Operasi Plastik (Oplas) yang menghadirkan Ainun Qalbi Muthmainnah dari Zero Waste Makassar sebagai pemateri dan berlangsung di Taman Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Kamis (29/08).

Muh. Malikul Mulki selaku Koordinator Divisi Studi Lingkungan Hidup (SLH) BKM Marabunta menjelaskan bahwa Dista yang berlangsung dengan tema Oplas ini dipilih dikarenakan melihat lingkungan sekitar FPsi UNM sangat banyak menghasilkan sampah plastik. "Mengambil dari jejak pendapat hasil riset mengenai banyaknya sampah plastik di lingkungan FPsi UNM," jelas mahasiswa yang kerap di sapa Malik tersebut.

Oleh karenanya, Malik berharap agar masyarakat Kema lebih mampu meminimalisir penggunaan sampah plastik di lingkungan FPsi UNM. "Kalau perlu mahasiswa tidak menghasilkan sampah lagi," harapnya.

Sulaiman, salah seorang mahasiswa baru (maba) angkatan 2019 FPsi UNM yang hadir dalam kegiatan Dista ini menjelaskan bahwa Dista menjadi ajang untuk mengajak masyarakat Kema dalam menjaga lingkungan. "Mengajarkan bagaimana sampah menjadi sebuah barang yang bernilai," jelasnya.

Mahasiswa asal Jeneponto ini menambahkan agar sosialisasi mengenai sampah plastik juga dapat dilaksanakan sampai ke masyarakat luas. "Sehingga selain lingkungan yang bersih, bisa juga menambah penghasilan dari sampah yang telah diolah menjadi barang," tambahnya. 

Kegiatan Dista ini pun turut dirangkaikan dengan peringatan Milad VII Marabunta FPsi UNM. (AA)

Posting Komentar