Agenda EXPO dalam Kegiatan REAL 2019 dengan tema "Mahasiswa: Lingkungan, Budaya dan Peran Baru" yang diselenggarakan oleh BEM Kema FPsi UNM di Fakultas Psikologi UNM, Minggu (25/08).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Senin (26/08)-Pengenalan Lembaga Kemahasiswaan (LK) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) dikemas secara berbeda dalam bentuk Expo Kelembagaan melalui kegiatan Orientasi Kemahasiswaan dan Kelembagaan (REAL) 2019 pada Minggu (25/08). 

Jika di tahun-tahun sebelumnya pengenalan LK dilakukan secara indoor, kali ini disuguhkan sedikit berbeda dengan menggunnakan teknik outdoor

Muhammad Nur Vicky Ahmad selaku Ketua Panitia REAL 2019 menjelaskan bahwa maba yang telah dibagi ke dalam 24 kelompok, berkeliling ke setiap LK. Masing-masing LK diberikan tempat dan waktu sebanyak 20 menit dengan pembagian waktu sebanyak 17 menit untuk memberikan informasi terkait tugas-tugas kelembagaan dan 3 menit tersisa digunakan maba untuk berjalan ke LK lain. "Sebenarnya terbagi dua sih ada yang indoor ada yang outdoor. Yang indoor itu dua belas kelompok dikenalkan komunitas dalam ruangan. Yang outdoor itu dikenalkan enam lembaga di Psikologi," ungkap Vicky, sapaan akrabnya. 

Mahasiswa angkatan 2017 ini menambahkan bahwa konsep tersebut merupakan hasil kesepakatan dari panitia dengan mempertimbangkan proyeksi dari Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) REAL tahun lalu. "Dulu ada proyeksi di LPJ sebelumnya bahwa kurang menarik dan kondusif. Jadi kita mencari apa metode yang cocok dan menarik dan panitia punya ide dan sepakat dengan metode itu (baca: metode outdoor)," tambahnya. 

Abdul Malik Saharuddin selaku Ketua Forum Studi Islam (FSI) FPsi UNM memberikan apresiasi kepada Panitia REAL 2019 yang telah mengonsep agenda tersebut. Menurutnya, konsep yang disuguhkan merupakan suatu kemajuan dan menarik. "Mungkin yang jadi kekurangan adalah masalah timing, terkadang masih ada yang ingin kami jelaskan lebih jauh tapi waktunya tidak mencukupi," akunya. 

Mahasiswa angkatan 2015 ini berharap agar untuk kedepannya konsep yang diberikan dapat lebih matang dan dikembangkan. "Dan kalaupun ini expo ada lagi harapannya mungkin waktunya ditambah dan lebih tegas lagi ini panitia yang mengantarkan maba untuk keliling dan lebih tegas untuk memberitahukan waktunya supaya nda ada yang terlalu panjang, terlalu molor," harapnya. 

Adapun Expo Kelembagaan ini diikuti oleh 6 LK FPsi UNM yakni Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Kema FPsi UNM, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kema FPsi UNM, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Psikogenesis, Mahasiswa Pemerhati Bumi dan Nusantara (Marabunta) FPsi UNM, FSI FPsi UNM, dan BKM PSYSPORT Kema FPsi UNM serta 6 komunitas yakni Psycsofone, Psychograph, Karaeng, Stigma, Psynstitution, dan Campus Preneur Makassar (CPM). (MEY)

Posting Komentar