Foto bersama pengurus BEM Kema FPsi UNM, FSI FPsi UNM dan volunteer dalam rangka kegiatan PIA di Desa Batumalonro, Senin (30/09).
Sumber: Dok. BEM Kema FPsi UNM

Psikogenesis, Senin (30/09)–Psychology in Action (PIA) yang merupakan Program Kerja (proker) Kementerian Pengabdian Masyarakat (Kemenpema) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) hadir dengan konsep baru.

Mudmainnah Nur Rahma selaku Menteri Kemenpema BEM mengungkapkan bahwa pada PIA sebelumnya, BEM mengundang semua Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) untuk datang menjadi tamu atau partisipan. Namun, PIA tahun ini semua BKM dilibatkan untuk menjadi penanggungjawab langsung pada kegiatan PIA yang diadakan setiap bulan sekali. “Yang beda itu kali ini ada ki keterlibatan langsungnya BKM di kegiatan PIAnya yang kan lalu kayak BKM dipanggil sebagai partisipan,” ungkapnya.

Adapun alasan dilibatkannya BKM di setiap kegiatan PIA adalah berdasarkan evaluasi PIA tahun lalu dimana BKM yang datang tidak tau harus mengerjakan apa sehingga PIA pada tahun ini berusaha untuk melibatkan semua BKM sesuai dengan ranahnya. “Bulan lalu Psysport ajak anak-anak senam, bermain tradisional dan kompetisi supaya anak-anak olahraga sambil bermain dan menumbuhkan jiwa sportifitasnya anak-anak. FSI ajar anak-anak mengenal huruf hijaiyyah,” jelas mahasiswa yang akrab disapa Inna ini.

Mahasiswa angkatan 2016 itu menambahkan, kegiatan PIA ini mendapatkan respon yang sangat positif dari warga Desa Batumalonro. “Tadinya sedikit ji anak-anak ikut, tapi orang tuanya langsung suruh anaknya bilang sana ko main sama kakak-kakak,” tandasnya.

PIA sendiri diadakan di Desa Batumalonro Kabupaten Gowa (30/08-01/09) yang melibatkan BKM PSYSPORT dan yang baru saja diadakan (27-29/09) yang melibatkan BKM FSI. LPM Psikogenesis sendiri akan menjadi penanggungjawab di kegiatan PIA pada bulan Oktober dan Marabunta pada bulan November mendatang. (SS)

Posting Komentar