Agenda Pembukaan dalam Latihan Kepemimpinan (LK) II dengan tema "Mahasiswa Memimpin: Ideologis dalam Bergerak" yang diselenggarakan oleh BEM Kema FPsi UNM di Aula MTM FPsi UNM, Kamis (19/09).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Jumat (20/09)-Latihan Kepemimpinan (LK) II Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi dibuka oleh Ahmad selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FPsi UNM di Aulia Moh. Thayeb Manrihu (MTM) FPsi UNM, Kamis (19/09) kemarin.

Namun, ada hal berbeda yang diusung pada LK II kali ini. Berbeda dengan LK II tahun 2018, pada tahun ini konsep yang digunakan, yaitu dengan mengumpulkan tugas berupa karya yang akan diberikan bobot nilai.

Awan Ilmiah selaku Ketua Panitia LK II mengungkapkan bahwa konsep baru yang diusung ini bukan lagi menggunakan proses screening, melainkan dengan membuat karya dengan tema "Indonesia Pada Titik Nadir" yang dapat berupa cerita pendek (cerpen), puisi, esai, gambar, lagu, film pendek, tari, infografis, videografis dan nudge dengan memuat isu-isu sosial dan politik yang bersifat kontemporer. "Bukan mi lagi karya ilmiah jadi prasyarat melainkan nanti peserta disuruh buat karya dan dikumpulkan saat pembukaan," ungkapnya.

Mahasiswa angkatan 2017 ini juga menjelaskan bahwa tahap atau alur dalam proses LK II yaitu mengumpulkan formulir, pembekalan, kemudian membuat karya dan dijabarkan melalui berkas dengan format Powerpoint (PPT). "Terus buat PPT yang mencakup isi dalam pamflet yang sudah tersebar," jelas mahasiswa asal Bulukumba ini.

Awan juga menambahkan bahwa peserta yang mengikuti LK II sebelumnya berjumlah 36 orang. Akan tetapi, saat pembukaan jumlah peserta berkurang menjadi 30 peserta yang didominasi oleh pengurus Lembaga Kemahasiswaan. Peserta tersebut antara lain berasal dari Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Kema FPsi UNM sebanyak 7 peserta, BEM sebanyak 2 peserta, Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) Psysport Kema FPsi UNM sebanyak 2 peserta, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Psikogenesis sebanyak 2 peserta, Forum Studi Islam (FSI) FPsi UNM sebanyak 3 peserta, mahasiswa angkatan 2017 FPsi UNM sebanyak 1 peserta dan mahasiswa angkatan 2018 FPsi UNM sebanyak 13 peserta. (AA)

Posting Komentar